Berita Sumenep Madura

Angkutan Lebaran ke Kepulauan Sumenep Bertambah, Menhub Serahkan Dua Kapal ini kepada Pemprov Jatim 

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi menyerahkan dua buah kapal saat berkunjung ke Pelabuhan Kalianget di Kabupaten Sumenep, Minggu (12/5/2019).

Angkutan Lebaran ke Kepulauan Sumenep Bertambah, Menhub Serahkan Dua Kapal ini kepada Pemprov Jatim 
surya.co.id/fatimatuz zahro
Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi bersama Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa saat berkunjung ke Pelabuhan Kalianget di Kabupaten Sumenep, Minggu (12/5/2019). 

SURYA.CO.ID | SUMENEP - Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi menyerahkan dua buah kapal saat berkunjung ke Pelabuhan Kalianget di Kabupaten Sumenep, Minggu (12/5/2019). Dua buah kapal tersebut diserahkan ke pelabuhan untuk menambah armada kebutuhan angkutan mudik lebaran ke kepulauan.

Kapal yang diserahkan adalah kapal Ganda Nusantara 1 dan Ganda Nusantara 2. Kapal ini bakal melayani rute perjalanan dari Kalianget ke kawasan kepulauan Sumenep. Seperti ke Raas, Sapudi, Keramaian, dan sejumlah kepulauan yang lain.

"Kita tahu pergerakan saat mudik di Madura ini sangat tinggi, menurut laporan ada 350 ribu masyarakat yang tinggal di luar Sumenep sehingga harus mudik saat lebaran. Maka kita ingin tahun ini layanan mudik kita bisa lebih bagus karena itu kita beri dua buah kapal," kata Menteri Budi.

Tidak hanya itu setelah lebaran, Menteri Budi juga menjanjikan akan mendatangkan satu buah kapal lagi yang nantinya akan dikelola oleh ASDP dan ditambah lagi satu buah kapal roro yang juga bakal dioperasikan di Sumenep.

Dikatakan Menteri Budi, pihaknya tidak ingin ada penumpang yang terlantar lantaran tidak mendapatkan angkutan kapal. Terlebih karena di Sumenep ada sebanyak 160 pulau dengan 54 pulau yang berpenghuni. Ia berharap bantuan kapal ini akan menjadi sarana untuk menambah kapasitas angkutan.

Lebih lanjut Menteri Budi mengingatkan masyarakat untuk mudik dengan mempertimbangkan waktu.

"Jangan mepet-mepet untuk mudik. Pertimbangkan kondisi kesehtan, keselamatan," tandasnya.

Bantuan kapal dari Menhub ini diapresiasi oleh Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa. Ia mengatakan bahwa pelayanan yang terpenting dalam momen mudik adalah public transport.

"Harus dikawal betul untuk angkutannya apakah darat, laut dan udara. Dengan adanya tambahan dua kapal ini sangat bermanfaat untuk bisa menyambut momen mudik ke berbagai pulau ke Sumenep," kata Khofifah.

Dikatakatan Khofifah perbaikan layanan angkutan mudik ini dipastikan akan dinikmati masyarakat. Pemprov Jawa Timur juga melayani angkutan mudik gratis dengan jalur darat menggunakan bus, kereta api dan juga menggunakan kapal laut.

"Bahkan ternyata sekarang sudah banyak masyarakat yang sudah mulai mudik menggunakan angkutan armada laut ke kepulauan," tegasnya.

Penulis: Fatimatuz Zahro
Editor: Parmin
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved