Berita Pasuruan

Pansus Tak Bisa Rapat Bahas Mutasi Kontroversial Pejabat Kota Pasuruan Gara-gara Ini

Upaya untuk menyelesaikan persoalan mutasi 147 ASN yang dianggap kontroversial menemui jalan buntu

Pansus Tak Bisa Rapat Bahas Mutasi Kontroversial Pejabat Kota Pasuruan Gara-gara Ini
surabaya.tribunnews.com/Galih Lintartika
Kantor DPRD KJota Pasuruan 

SURYA.co.id | PASURUAN - Panitia Khusus (Pansus) mutasi pejabat DPRD Kota Pasuruan menarget hari ini deadline terakhir Tim Badan Pertimbangan Jabatan dan Kepangkatan (Baperjakat) Pemkot Pasuruan menyerahkan bukti surat dari Kementrian Dalam Negeri (Kemendagri) terkait mutasi pejabat Aparatur Sipil Negara (ASN).

Dua rapat sebelumnya, Baperjakat tidak bisa menunjukkan bukti fisik surat rekomendasi mutasi dari Kemendagri tersebut.

Baperjakat beralibi surat dari Kemendagri itu disimpan Plt Wali Kota Raharto Teno Prasetyo. Sedangkan yang bersangkutan sedang tidak ada di Pasuruan, ada di luar kota.

Upaya untuk menyelesaikan persoalan mutasi 147 ASN yang dianggap kontroversial pun kembali menemui jalan buntu. BKD yang selalu dihadirkan kembali dalam rapat Pansus Mutasi, tetap tidak bisa menunjukkan bukti surat izin Menteri Dalam Negeri (Mendagri).

Ketua Pansus Mutasi DPRD Kota Pasuruan, Arief Ilham, menyatakan kekecewaannya atas ketidakjelasan dokumen penting tersebut. Padahal, dokumen itu akan menjadi jawaban atas persoalan mutasi yang oleh fraksi-fraksi di DPRD dianggap cacat hukum dan harus dibatalkan.

“Rapat Pansus hanya dihadiri Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD). Kemarin kami sudah meminta agar Baperjakat membawa surat izin Mendagri. Kenyataannya, hari ini masih belum bisa ditunjukkan. Alasannya, disimpan Plt Wali Kota,” kata Arief Ilham.

Menurutnya, dokumen penting tersebut tidak selayaknya disimpan Plt Wali Kota Pasuruan. Sekalipun disimpan, Baperjakat semestinya bisa mengambil dokumen yang tersimpan di ruang kerja Plt Wali Kota Pasuruan.

“Apa mungkin, dokumen itu dibawa ke Jakarta. Sehingga Baperjakat tidak bisa minta izin untuk mengambil dokumen tersebut,” tandas Arief Ilham yang juga Ketua Fraksi Partai Golkar DPRD Kota Pasuruan. 

Penulis: Galih Lintartika
Editor: Fatkhul Alami
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved