Ramadhan 2019

Bupati Tuban 'Hapus' Tradisi Minum Toak yang Sudah Lama Dilakukan Warga Tuban

Tuban dikenal salah satunya dengan sebutan kota toak. Hampir setiap senja tiba, sebagian warga Tuban selesai bekerja berkumpul dan minum toak bersama.

Bupati Tuban 'Hapus' Tradisi Minum Toak yang Sudah Lama Dilakukan Warga Tuban
surya/m sudarsono
Bupati Tuban, Fathul Huda, saat memberikan jawaban pertanyaan seusai menghadiri acara peresmian Plaza Ikan Tuban, Selasa (26/2/2019). Bupati Tuban Hapus Tradisi Minum Toak yang Sudah Lama Dilakukan Warga Tuban 

SURYA.co.id | TUBAN - Tuban dikenal salah satunya dengan sebutan kota toak. Hampir setiap senja tiba, sebagian warga Tuban selesai bekerja berkumpul dan minum toak bersama.

Bahkan, minum toak oleh warga Tuban hampir menjadi tradisi. Kini, tradisi yang sudah bertahun-tahun seiring dengan dikenalnya Tuban sebagai kota toak itu, akan hilang.

Seperti diketahui, Bupati Tuban, Fathul Huda melarang warga Tuban menjual maupun mengonsumsi toak.

Hal itu tertuang dalam edaran perihal pelaksanaan bulan suci Ramadhan dan Hari Raya Idul Fitri 1440 H/2019.

"Melarang masyarakat menjual dan mengkonsumsi minuman toak baik di pinggir jalan raya, di tempat umum dan terbuka," begitu bunyi surat edaran poin 4, ditulis Jumat (10/5/2019)

Selain itu edaran juga menyebut untuk menjaga ketenangan selama pelaksanaan ramadhan maupun Idul Fitri.

Menjaga ketertiban terhadap tamu hotel, penginapan, rumah kos dan sejenisnya.

"Bupati juga meminta penggunaan pengeras suara luar pada malam hari hanya diperbolehkan sampai pukul 22.00 WIB, kecuali untuk membangunkan sahur," tulis poin 7 edaran tersebut.

Tidak ada penerapan sanksi dalam edaran yang ditandatangani 30 April 2019 itu, namun diminta menjadi perhatian dan dilaksanakan sebaik-baiknya.

Surya melansir dari wikipedia.org, Kabupaten Tuban adalah salah satu kabupaten di Jawa Timur yang terletak di Pantai Utara Jawa Timur.

Halaman
123
Penulis: M. Sudarsono
Editor: Iksan Fauzi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved