Berita Trenggalek

Jalan di Kabupaten Trenggalek Mulai Diperbaiki untuk Antisipasi Banyaknya Pemudik saat Lebaran 2019

Beberapa ruas di jalan kabupaten di Trenggalek mulai diperbaiki sejak awal Ramadan ini. Perbaikian jalan masih berlangsung di beberapa ruas.

Jalan di Kabupaten Trenggalek Mulai Diperbaiki untuk Antisipasi Banyaknya Pemudik saat Lebaran 2019
surabaya.tribunnews.com/Aflahul Abidin
Perbaikan ruas jalan kabupaten penghubung ibukota kecamatan di Trenggalek, Kamis (9/5/2019). 

SURYA.co.id | TRENGGALEK - Beberapa ruas di jalan kabupaten di Trenggalek mulai diperbaiki sejak awal Ramadan ini. Perbaikian jalan masih berlangsung di beberapa ruas. Targetnya, seluruh perbaikan rampung beberapa waktu sebelum Lebaran 2019 tiba.

Jalan yang diperbaiki diutamakan akses penghubung ibukota kecamatan. Beberapa ruas yang sudah diperbaiki, yakni akses Trenggalek-Bendungan dan Suruh-Pule. Sementara jalan yang masih dalam proses perbaikian, yaitu askes Gandusari-Kampak, Pogalan-Gandungsari, dan jalan di pusat kota.

"Prinsipnya, sebelum lebaran sudah siap dilewati para pemudik. Walaupun memang belum mencakup seluruh jalan di semua wilayah kecamatan," kata Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang Kabupaten Trenggalek Moh Sholeh, Kamis (9/5/2019).

Sholeh mengatakan, belum tercakupnya seluruh jalan akses menuju ibukota kecamatan lantaran jumlah anggaran yang terbatas. Untuk perbaikan jalan menjelang lebaran tahun ini, total anggaran yang tersedia sekitar Rp 1 miliar.

Kondisi ruas jalan yang diperbaiki untuk saat ini berupa lubang-lubang menganga akbiat banyak faktor. Antara lain karena aspal yang terkena air hujan selama musim penghujan beberapa waktu lalu.

Penutupan lubang jalan dilakukan dengan penambalan aspal berupa hotmix. Perbaikan jalan dilakukan di siang hari.

"Di sini arus kendaraannya kan tidak begitu tinggi. Jadi perbaikan siang hari tak mengganggu lalu lintas. Kami tujuan utamannya supaya pemudik bisa nyaman nanti kalau pulang," tutur Sholeh.

Plt Bupati Trenggalek, M Nur Arifin mengatakan, perbaikan jalan akan berlanjut setelah Lebaran. Pemkab Trenggalek menyediakan dana antara Rp 3-4 miliar untuk perbaikan lanjutan. Ruas-ruas jalan yang bakal diperbaiki disesuaikan dengan kondisi.

Perbaikan jalan saat ini, kata dia, harus tuntas sebelum Lebaran. Soalnya, beberapa hari sebelum Lebaran tiba, sudah banyak pemudik yang datang ke Trenggalek. Jumlah kendaraan, baik mobil maupun motor, terus bertambah sampai hari H Lebaran.

Penulis: Aflahul Abidin
Editor: Fatkhul Alami
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved