Berita Tuban

Di Tuban, Kelulusan SMA/SMK Tak Cuma Berpatokan UN, Sekolah Juga Menentukan, Ini Alasannya

Kelulusan tak hanya berpatok pada nilai ujian nasional (UN). Tetapi pihak sekolah juga berkewenangan menentukan kelulusan.

Di Tuban, Kelulusan SMA/SMK Tak Cuma Berpatokan UN, Sekolah Juga Menentukan, Ini Alasannya
SURYAOnline/hanif mansyuri
Ilustrasi, siswa SMA mengerjakan UNBK 

SURYA.co.id | TUBAN - Pengumuman kelulusan ujian bagi sekolah SMA/SMK akan dilakukan, Senin (13/5/2019).

Saat ini pihak lembaga sekolah telah mengolah data Daftar Kolektif Hasil Ujian Nasional (DKHUN) selama dua hari, dari Kamis (9/5/2019) hingga Jumat (10/5/2019).

Namun, kelulusan tak hanya berpatok pada nilai ujian nasional (UN). Tetapi pihak sekolah juga berkewenangan menentukan kelulusan.

"Kelulusan tidak hanya dari nilai ujian nasional, tapi pihak sekolah juga ikut menentukan sekarang," kata Kasi SMA Dinas Pendidikan Wilayah Bojonegoro yang juga meliputi Tuban, Sugeng Suryadi ditemui di kantornya, Kamis (9/5/2019).

Dia menjelaskan, mengenai kelulusan yang tak hanya bergantung pada nilai ujian nasional diperkirakan sudah berlangsung sekitar dua tahun, berdasarkan ingatannya.

Mengapa pihak sekolah juga menentukan, karena pihak sekolah mengetahui betul bagaimana perilaku siswa-siswi itu sehari-hari.

Sehingga nantinya juga ada penilaian dari pihak sekolah, yang dituangkan dalam bentuk buku rapor, terdapat nilai semester maupun tahunan.

"Ya sekarang tidak hanya nilai UN yang menentukan lulus, tapi nilai rapor sekolah juga ikut menentukan. Jadi dua-duanya harus bagus," pungkasnya.

Penulis: M. Sudarsono
Editor: Titis Jati Permata
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved