Ramadhan 2019

5 Menu Makanan Buka Puasa yang Aman Bagi Penderita Diabetes, Kenyang Tapi Tak Menaikkan Gula Darah

Ada beberapa menu makanan yang aman untuk berbuka puasa bagi penderita diabetes agar puasa Ramadhan 2019 ini tetap lancar

5 Menu Makanan Buka Puasa yang Aman Bagi Penderita Diabetes, Kenyang Tapi Tak Menaikkan Gula Darah
Tribun Jogja
Ilustrasi 

SURYA.co.id - Ada beberapa menu makanan yang aman untuk berbuka puasa bagi penderita diabetes agar puasa Ramadhan 2019 ini tetap lancar.

Selain memberi rasa kenyak, beberapa menu makan buka puasa berikut ini juga tak menaikkan kadar gula darah si penderita diabetes.

Dilansir dari Tribunnews dalam artikel '5 Makanan Untuk Diabetes Yang Aman Dijadikan Menu Berbuka Puasa', berikut 5 menu makanan yang aman untuk berbuka puasa bagi penderita diabetes

1. Kolak

Kolak
Kolak (Tribunnews)

Rasanya kurang komplit kalau tidak berbuka dengan kolak. Beruntung Anda masih bisa mencicipi kolak meski tidak boleh berlebihan.

Menurut dr. Juwalita Surapsari, dokter spesialis gizi RS Pondok Indah, lebih baik mengkonsumsi kolak kolang-kaling dan sedikit kuah. Hindari penggunaan santan dan gula dalam kolak agar tidak memicu komplikasi diabetes.

2. Sumber karbohidrat kompleks

Nasi Merah
Nasi Merah (TRIBUN BALI/ ZAENAL NUR ARIFIN)

Untuk menu makanan utama, pilihlah sumber karbohidrat yang dapat membuat Anda kenyang lama. Salah satunya adalah nasi merah. Untuk lauk-pauk, Anda bisa menggunakan daging ikan atau tahu dan tempe.

Jika sulit menemukan nasi merah, Anda bisa berbuka dengan gandum atau biji-bijian lainnya yang mengandung serat tinggi. Sajikan setengah mangkuk.

Untuk sayuran, Anda bisa mengkonsumsi tumis brokoli atau kangkung.

Halaman
1234
Penulis: Putra Dewangga Candra Seta
Editor: Adrianus Adhi
Sumber: Tribunnews
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved