Gerindra Optimis Tambah Kursi di DPR RI dan DPRD Jatim

Partai Gerindra cukup optimistis dapat menambah jumlah kursi pada pemilu kali ini, baik di DPR RI maupun di DPRD Jatim

SURYAOnline/Bobby Constantine Koloway
Ketua DPD Gerindra Jatim, Soepriyatno 

SURYA.co.id | SURABAYA - Partai Gerindra cukup optimistis dapat menambah jumlah kursi pada pemilu kali ini. Berdasarkan rekapitulasi data C1 oleh pihaknya, Gerindra akan mendapatkan peningkatan kursi baik untuk DPRD Jatim maupun DPR RI.

Untuk tingkat DPRD Jatim,Gerindra optimis mendapatkan 15 kursi dari 14 dapil di seluruh Jatim.

"Kami sedang berjuang untuk kursi ke-16," kata Ketua DPD Gerindra Jatim, Soepriyatno kepada Surya.co.id ketika dikonfirmasi di Surabaya, Minggu (5/5/2019).

Apabila jumlah tersebut terealisasi, maka perolehan Gerindra akan lebih tinggi dibandingkan perolehan pada pemilu sebelumnya. Di pemilu 2014, Partai bernomor urut 2 ini baru mendapatkan 13 kursi dari 11 dapil di Jatim.

Hasil Real Count KPU di Sampang Madura, Prabowo Menang Telak Atas Jokowi

Sementara untuk DPR RI, partai besutan Prabowo Subianto ini akan mendapatkan 12 kursi dari 11 dapil di Jatim untuk DPR RI.

"Inshaallah semua dapil terisi," ungkap pria yang juga menjadi Calon Legislatif DPR RI ini optimistis.

Sama halnya dengan DPRD Jatim, apabila hal itu dapat diwujudkan, maka perolehan untuk DPR RI tersebut juga meningkat dibandingkan pemilu sebelumnya. Di pemilu 2014, Gerindra mendapatkan 11 kursi dari 11 dapil di Jatim untuk pemilu 2014 lalu.

Meskipun berpotensi mendapatkan banyak penambahan kursi, pihaknya mengaku menemui banyak kecurangan oleh penyelenggara pemilu hingga pembuat kewenangan selama penyelenggaraan pesta demokrasi.

"Beruntung kami masih bisa menyelematkan suara partai," katanya.

Saat ini pihaknya tengah menunggu hasil resmi dari KPU. Tidak menutup kemungkinan, apabila pihaknya telah melengkapi alat bukti akan segera melaporkan adanya indikasi pelanggaran itu kepada pihak yang berwenang.

Untuk diketahui, saat ini proses perhitungan suara di Jatim telah memasuki rekapitulasi tingkat provinsi. Proses rekapitulasi suara tingkat provinsi mulai dilakukan, Minggu (5/5/2019).

Berlangsung di salah satu hotel di Surabaya, acara bertajuk Rapat Pleno Terbuka Rekapitulasi Hasil Perhitungan Perolehan Suara Pada Pemilihan Umum Tahun 2019 Tingkat Provinsi Jatim ini dihadiri oleh sejumlah peserta pemilu. Dari penyelenggara pemilu, ada KPU dan Bawaslu dari Provinsi maupun Kabupaten/Kota.

Selain itu, jajaran Tim Pemenangan Calon Presiden dan Wakil Presiden, saksi dari partai, maupun perwakilan saksi untuk Caleg perorangan (DPD) juga hadir di acara tersebut. Rapat Pleno tersebut dipimpin langsung oleh Ketua KPU Jatim, Choirul Anam.

Berdasarkan penjelasan Anam, pihaknya merencanakan waktu rekapitulasi selama lima hari, 5-9 Mei 2019.

"Kami mengagendakan lima hari. Namun, kami berharap bisa berlangsung lancar dan tidak harus lima hari. Misalnya, cukup tiga hari," kata Anam pada sambutannya. 

  • Berita Populer
    Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved