Berita Surabaya

Sambut Ramadan 2019, Gubernur Khofifah dan Wali Kota Risma Buat Rekor Kue Apem Megengan Terbanyak

Gubernur Khofifah dan Wali Kota Risma kompak menggelar Megengan Kubro di Masjid Nasional Al Akbar Surabaya dan buat rekor MURI kue apem terbanyak

Sambut Ramadan 2019, Gubernur Khofifah dan Wali Kota Risma Buat Rekor Kue Apem Megengan Terbanyak
ahmad zaimul haq/surya
Gubernur Khofifah Indar Parawansa dan Wali Kota Risma kompak menggelar Megengan Kubro di Masjid Nasional Al Akbar Surabaya dengan pecahkan rekor MURI 21 ribu kue apem, Jumat (3/5/2019) siang 

SURYA.co.id | SURABAYA - Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa dan Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini kompak menggelar Megengan Kubro di Masjid Nasional Al Akbar Surabaya, Jumat (3/5/2019) siang. Bahkan, Megengan Kubro itu memecahkan Rekor MURI Dunia yakni rekor kue megengan terbanyak berjumlah 21 ribu kue apem.

Puluhan ribu kue apem itu langsung direbut warga masyarakat dan jamaah yang sudah sedari siang menunggu untuk bersantap kue apem yang menjadi hidangan menyambut datangnya bulan suci Ramadan itu. Kue apem itu ditata di meja yang memanjang dan baru boleh dimakan saat doa bersama sudah dilakukan.

Gubernur Khofifah dan Wali Kota Risma membagikan apem itu secara langsung pada masyarakat dan jamaah yang hadir, termasuk pada ulama yang hadir.

"Sebetulnya kue apem itu asalnya dari bahasa arab, afwun, yang artinya memohon ampunan. Saat maasuk bulan Ramadan itu posisinya habluminallah atau hubungan manusia dengan Allah, di mana kita memperbanyak ibadah, salat sunah, tarawih," kata Gubernur Khofifah.

Namun sebagaimana kearifan lokal di Jawa Timur, ada tradisi di mana sebelum manusia aktif memperbaiki hubungan dengan Allah di bulan Ramadan, maka posisi hablumminannas atau hubungan dengan antar manusianya juga diperbaiki, yaitu dengan bermaaf-maafan.

"Ini kearifan lokal yang harus kita jaga. Sebelum Ramadan kita saling meminta maaf sebelum ibadah kepada Allah SWT dikerjakan," jelasnya.

Saat ditanya mengapa yang dibuat simbolis untuk megengan ini adalah 21 ribu kue apem, Khofifah mengaku Megengan Kubro ini sengaja dibuat angka itu.

Makna dibalik angka 21 ribu kue apem itu tak lain menurut Ketua Umum PP Muslimat NU ini adalah lambang persatuan.

"Dadi ngene lho rek, 2 tambah 1 lak jumlahe 3. Angka 3 itu maknanya lak persatuan rek (merujuk pada sila 3 Pancasila, Persatuan Indonesia). (Jadi gini lho teman-teman 2 ditambah 1 kan jumlahnya 3. Angka 3 itu maknanya Persatuan," urai Khofifah tertawa di samping Risma.

Apa yang disampaikan Khofifah itu diamini oleh Wali Kota Risma.

Halaman
12
Penulis: Fatimatuz Zahro
Editor: irwan sy
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved