Pemilu 2019

Pesan Kapolres Jember saat Pergeseran Hasil Rekapitulasi Suara dari KPU Jember ke KPU Jatim

Kapolres Jember AKBP Kusworo Wibowo berpesan kepada petugas keamanan agar menjaga keselamatan, tetap jaga kesehatan, dan mematuhi prosedur ditentukan.

surya/sri wahyunik
Kapolres Jember AKBP Kusworo Wibowo, pihak KPU, dan Bawaslu Jember saat melepas pengiriman logistik pemilu, Selasa (9/4/2019). 

SURYA.co.id | JEMBER - Kapolres Jember AKBP Kusworo Wibowo berpesan kepada petugas keamanan agar menjaga keselamatan, tetap jaga kesehatan, dan mematuhi prosedur yang ditentukan.

Kaplolres mengingatkan hal ini saat memberi arahan jelang pergeseran hasil rekapitulasi suara Pemilu 2019 tingkat Kabupaten Jember menuju ke KPU Provinsi Jatim, Jumat siang (3/5/2019).

Komisi Pemilihan Umum (KPU) Jember mengirimkan hasil rekapitulasi perolehan Pilpres dan Pileg 2019 di tingkat kabupaten ke KPU Provinsi Jatim, Jumat (3/5/2019).

Pengiriman hasil rekapitulasi perolehan suara tingkat kabupaten itu dikawal ketat personel kepolisian dan TNI.

Pengiriman itu dilepas oleh Kapolres Jember AKBP Kusworo Wibowo dan komisioner KPU Jember. Ikut dalam pengiriman hasil rekapitulasi itu antara lain komisioner KPU Jember dan Bawaslu Jember. Petugas dan dokumen hasil rekap itu dikawan oleh 10 personel Polres Jember dan empat personel TNI.

"Ada 14 personel yang mengawal hasil rekap tingkat kabupaten ini. Ada 10 personel Polri dan empat personel TNI. Juga ada petugas dari KPU dan Bawaslu. Kami kawal memakai Patwal, dan ditutup oleh tim Sabhara," ujar Kusworo.

Sebelum memberangkatkan personel pengawalan itu, Kusworo memberikan arahan kepada personel pengawalan.

"Jaga kondisi kesehatan, perhatikan keselamatan perjalanan. Pakai prosedur yang sudah ditentukan," tegas Kusworo kepada anak buahnya.

Pengiriman hasil rekapitulasi suara tingkat kabupaten itu menyusul rampungnya rapat pleno terbuka rekapitulasi perolehan suara Pilpres dan Pileg 2019 di Kabupaten Jember.

Rekapitulasi perolehan suara dimulai Minggu (28/4/2019) dan berakhir Kamis (2/5/2019) hampir tengah malam. Hasil rekapitulasi dikirimkan ke KPU Provinsi, Jumat (3/5/2019) siang.

Komisioner KPU Jember Habib M Rohan menegaskan seluruh rekapitulasi suara di tingkat kabupaten telah rampung.

"Seluruh dokumen yang berkaitan dengan rekapitulasi tingkat kabupaten, kami kirimkan ke KPU Provinsi Jatim. Hasil rekap, juga termasuk keberatan dari pihak-pihak yang terlibat dalam rekapitulasi itu," ujar Rohan.

Penulis: Sri Wahyunik
Editor: Parmin
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved