Hasil Real Count KPU, Jokowi Menang Telak di Kabupaten Jombang. Saksi 02 Legowo

Berdasarkan hasil real count KPU Jombang yang berakhir Jumat (3/5/2019) malam, Jokowi menang telak dalam pemungutan suara Pilpres 2019 di Jombang.

Hasil Real Count KPU, Jokowi Menang Telak di Kabupaten Jombang. Saksi 02 Legowo
surabaya.tribunnews.com/sutono
Saksi paslon capres-cawapres 01 Anjik (kiri) dan saksi capres-cawapres 02 Abd Bakir berjabat tangan usai tanda tangan berkas rekapitulasi pemilihan presiden dan wakil presiden tingkat Kabupaten Jombang. 

SURYA.co.id | JOMBANG - Berdasarkan hasil real count KPU Jombang yang berakhir Jumat (3/5/2019) malam, Jokowi menang telak dalam pemungutan suara Pilpres 2019 di Jombang. 

Jokowi yang berpasangan dengan Ma'ruf Amin, meraup total 615.972 suara.

Sedangkan Prabowo-Sandi, hanya meraih 187.763 suara. 

Kendati kalah telak, saksi paslon nomor 02 di Kabupaten Jombang bersikap legowo dan tetap membubuhkan tanda tangan pada berkas rekapitulasi tingkat kabupaten (form DB1).

Abd Bakir, saksi paslon 02 mengaku dirinya menandatangani berkas rekapitulasi karena proses berlangsung relatif transparan, fair, dan sesuai aturan.

"Memang ada perolehan paslon kami di Kecamatan Megaluh selisih dengan yang di situng KPU. Kami minta dikoreksi. Hasil koreksi mampu menambah paslon 02 dengan 52 suara. Rekapituasi akan kami kawal sampai provinsi dan pusat," tandas Abd Bakir.

UPDATE - Berikut Penghitungan Suara Terkini Secara Real Count KPU Jokowi Vs Prabowo Pilpres 2019

Hasil Real Count KPU, Jokowi Menang Telak di Sidoarjo

Disinggung apakah tidak ada instruksi dari BPN (Badan Pemenangan Nasional) Prabowo-Sandi untuk tidak tanda tangan berkas, Abd Bakir menyatakan tidak ada instruksi untuk menolak tanda tangan.

Abd Bakir mengaku meski di Jombang perolehan paslon 02 kalah telak, namun dirinya legowo. Sebab, semua proses dan tahapan sudah sesuai aturan.

Ketua KPU Muhaimin Sofi menyatakan bersyukur proses rekapitulasi seluruh 21 kecamatan di Kabupaten Jombang berhasil dituntaskan tiga hari, dan berlangsung relatif lancar.

"Meski ada beberapa keberatan dari saksi parpol, namun secara keseluruhan berlangsung lancar dan kondusif. Keberatan-keberatan itu tetap kami catat dan kami kirim ke tingkat provinsi," imbuh Muhaimin Sofi.

Terkait perolehan suara, Muhaimin mengaku belum berhak merilis hasilnya, karena sekarang ini tahapannya masih rekapitulasi.

"Nanti akan ada penetapan (hasil). Soal waktunya kita belum tahu," imbubh Muhaimini.

Kapolres Jombang AKBP Fadli Widiyanto yang berada di lokasi menyatakan terima kasih kepada para saksi parpol, saksi DPD, maupun saksi capres-cawapres yang sudah menerima hasil rekapitulasi pemilu di tingkat Kabupaten Jombang.

"Sedangkan situasi umum Kabupaten Jombang selama Pemilu dan sesudahnya kondusif. Kegiatan masyarakat tetap berjalan normal," imbuh Kapolres Fadli Widiyanto.

Usai rekapitulasi, seluruh dokumen dikirim ke KPU Provinsi dalam pengawalan polisi. "Kami turunkan 70 personel untuk pengamanan di area rekapitulasi. Untuk mengawal dokumen kami terjunkan 25 personel," kata Kapolres Fadli.

Penulis: Sutono
Editor: Eben Haezer Panca
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved