Sosok

Potret Giovani Carolina Sembiring, Tingkatkan Kompetensi dengan Bahasa Mandarin

Giovani Carolina Sembiring menempuh kursus bahasa Mandarin ke Tiongkok selama setahun

Penulis: Sulvi Sofiana | Editor: irwan sy
istimewa
Potret Giovani Carolina Sembiring 

SURYA.co.id | SURABAYA - Menuntaskan pendidikan sarjana di Teknik Nuklir Universitas Gajah Mada tampaknya belum menjadi kepuasan bagi dara asal Surabaya, Giovani Carolina Sembiring (24). Ia bahkan menempuh kursus bahasa Mandarin ke Tiongkok selama setahun untuk menambah kemampuan bahasanya.

"Untuk jurusan saya, banyak yang cari di perusahaan asing. Tentunya saya ingin meningkatkan kompetensi saya supaya bisa bersaing dengan pelamar lain," ujar gadir kelahiran Surabaya, 28 November 1994.

Alumnus SMAN 10 Surabaya ini mengungkapkan dengan menambah kompetensi bahasa maka ia akan mampu bersaing di era global. Bahkan peluang mendapat pekerjaan di perusahaan asing lebih besar.

"Saya pilih belajar Bahasa Mandarin langsung di Tiongkok karena sekalian mengikuti ritme belajar di sana yang tinggi sekali. Apalagi pastinya cara pengucapannya juga beda dengan kursus di Indonesia," ungkap bungsu tiga bersaudara ini.

Ia pun berupaya mengejar beasiswa untuk S2 di Tiongkok. Selain biaya hidup yang terjangkau, proses seleksi beasiswa ke Tiongkok menurutnya lebih mudah dibandingkan negara lain.

"Tahun lalu saat lulus saya coba S2 tapi masih gagal, makanya saya ambil kursus singkat," lanjutnya.

Ke depan dengan bekal kemampuan Bahasa Mandarin yang semakin meningkat, ia berencana mencari beasiswa S2, serta mencari kerja yang bisa memberikan peluang jenjang kariernya.

"Teman sejurusan 45 orang yang bisa terus di bidang teknik nuklir hanya lima orang. Makanya saya inginnya yang ada manajemennya perusahaan saja," pungkasnya.

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved