Berita Blitar

Pedagang Mulai Kosongkan Kios di Pasar Legi Kota Blitar karena Segera Dibangun

Pemkot Blitar mulai mengosongkan kios pedagang Pasar Legi yang terdampak pembangunan. Pemkot Blitar juga mulai memasang pagar keliling di lokasi pasar

Pedagang Mulai Kosongkan Kios di Pasar Legi Kota Blitar karena Segera Dibangun
surabaya.tribunnews.com/samsul hadi
Para pedagang memilih berjualan di pinggir jalan sekitar Pasar Legi, Kota Blitar, Kamis (2/5/2019). 

SURYA.co.id | BLITAR  - Pemkot Blitar mulai mengosongkan kios pedagang Pasar Legi yang terdampak pembangunan. Pemkot Blitar juga mulai memasang pagar keliling di lokasi pasar yang akan dibangun.

Pantauan SURYA.co.id di lokasi, Kamis (2/5/2019), menunjukkan kios yang sudah dikosongkan di bagian selatan. Para pedagang sudah tidak menempati kiosnya. Pagar keliling juga sudah terlihat terpasang di lokasi. Pagarnya masih berupa bambu belum dikasih seng.

Sebagian pedagang terlihat menggelar barang dagangannya di luar pagar. Mereka berjualan di pinggir jalan. Padahal, Pemkot Blitar juga sudah menyediakan tempat relokasi di sekitar Pasar Legi. Tetapi, para pedagang belum ada yang menempati tempat relokasi.

Sundari, salah satu pedagang mengatakan kondisi tempat relokasi terlalu sempit. Tempat relokasi tidak cukup untuk menampung barang dagangannya. Sundari berjualan barang-barang kebutuhan pokok. Dia memilih menggelar barang dagangan di pinggir jalan.

"Saya juga dapat bagian di tempat relokasi, tapi belum tahu pindah ke sana apa tidak. Soalnya kondisi tempat relokasinya sempit, ukurannya hanya 1 m x 3 m," kata Sundari.

Pedagang lain, Hariyadi, mengatakan kondisi tempat relokasi memang sempit. Makanya, para pedagang belum menempati tempat relokasi. Para pedagang memilih berjualan di pinggir jalan sekitar Pasar Legi.

Selain itu, dia juga khawatir kalau sudah pindah ke tempat relokasi ternyata pembangunan Pasar Legi tidak jadi tahun ini. Pedagang harus kembali lagi berjualan di kios lama lagi.

"Seharusnya mulai 23 April 2019 lalu, pedagang sudah diminta menempati tempat relokasi. Tapi sampai sekarang belum ada yang menempati," ujarnya.

Plt Wali Kota Blitar, Santoso mengatakan pembangunan Pasar Legi ditargetkan dilaksanakan tahun ini. Saat ini, proses pembangunan Pasar Legi masih tahap lelang pekerjaan. Sambil menunggu proses lelang selesai, Pemkot Blitar menuntaskan dulu proses relokasi pedagang.

Dia meminta para pedagang segera menempati tempat relokasi. Ketika proses lelang sudah selesai, pembangunan Pasar Legi bisa langsung dikerjakan. "Kami berharap pedagang segera menempati tempat relokasi. Sewaktu-waktu pembangunan dimulai, aktivitas pedagang tidak mengganggu pekerjaan pembangunan," katanya. 

Penulis: Samsul Hadi
Editor: Fatkhul Alami
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved