Manfaatkan Barang Rongsokan, Anak Pemulung di Lamongan Ciptakan Robot Tanpa Aliran Listrik

Memanfaatkan barang bekas dan rongsokan yang dikumpulkan orangtuanya yang pemulung, pelajar SMPN 1 Sambang, Lamongan, menciptakan robot. Kok bisa?

Manfaatkan Barang Rongsokan, Anak Pemulung di Lamongan Ciptakan Robot Tanpa Aliran Listrik
surabaya.tribunnews.com/hanif manshuri
Robot karya empat siswa SMPN 1 Sambeng yang dimotori oleh Aryo Budi, anak pemulung, yang dipamerkan di arena pemeran pendidikan di GOR Lamongan, termasuk karya lainnya, Rabu (01/05/2019) malam 

SURYA.co.id | LAMONGAN - Memanfaatkan barang bekas dan rongsokan yang dikumpulkan orangtuanya yang pemulung, Aryo Budi, siswa kelas IX SMPN 1 Sambeng, Kabupaten Lamongan, menciptakan robot

Dia sebenarnya tak sendiri. Ada tiga temannya yang juga terlibat dalam pembuatan robot itu. Ketiganya adalah Pandu Crisna, Andala, dan Rendy Permana. 

Mereka pun berhasil menciptakan sebuah robot dari limbah medis. 

"Terinspirasi dua sisi, pertama melihat perkembangan robotik di film, kemudian menyambung dengan barang - barang yang didapat bapak (barang hasil mulung, red)," ungkap Aryo Budi kepada Surya.co.id di acara penutupan pameran pendidikan di GOR jalan Basuki Rahmad, Rabu (01/05/2019) malam.

Empat siswa ini memutar otak dan mengotak - adik untuk menciptakan robot dari barang bekas.

"Robot mampu bergerak tanpa listrik," kata Daryono, guru pembina SMPN 1 Sambeng.

Robot yang mereka buat, disusun dari bahan-bahan seperti mika plastik, tusuk gigi , selang infus, spet injeksi dan sendok kayu untuk ice cream.

Ternyata dengan direkayasa sedemikian rupa ditambah air dengan didorong dan disedot spet, rekayasa itu robot itu bisa berfungsi memainkan peran sesuai kemauan operator.

"Cara kerjanya air yang sudah terisi di alat suntik ini kita tekan kemudian air yang ada di dalam spet dan selang mengalir ke sebuah selang infus kemudian robot bisa bergerak. Ada gaya tarik menarik," kata Aryo Budi, sang pencetus ide yang anak pemulung ini.

Aryo mengatakan, dia juga terinspirasi dari tayangan video Youtube yang pernah dia lihat. 

Hasilnya, saat dipamerkan, stand SMPN 1 Sambeng mendapat respon yang cukup signifikan dari pengunjung yang ingin tahu dari dekat,robot tanpa listrik.

Tak hanya membangun robot, empat siswa ini juga membuat sound system mini, pengerat jagung, perontok padi, vacuum cleaner, dan juga pompa mini yang semuanya dibuat dari barang bekas.

Penulis: Hanif Manshuri
Editor: Eben Haezer Panca
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved