Berita Gresik

Kali Lamong Selalu Banjir Tiap Tahun, Begini Komentar GP Ansor Gresik

GP Ansor Gresik menyesalkan penangangan banjir Kali Lamong yang sangat lamban

Kali Lamong Selalu Banjir Tiap Tahun, Begini Komentar GP Ansor Gresik
surya/sugiyono
Ketua PC GP Ansor Kabupaten Gresik meninjau kondisi banjir Kali Lamong di wilayah Kecamatan Benjeng. Menggunakan perahu fiber menyisir kampung yang terdampak banjir, Kamis (2/5/2019). 

SURYA.co.id | GRESIK – GP Ansor Gresik menyesalkan penangangan banjir Kali Lamong yang sangat lamban. Sebab, dampak sosial dan ekonomi sangat besar yang dialami oleh masyarakat.

“Walaupun masyarakat sudah siap siaga adanya bencana banjir setiap tahun, tapi harus segera dicarikan solusinya. Pemkab Gresik sampai dengan pemerintah provinsi dan pusat harus memprioritaskan musibah ini segera diakhiri,” Ketua GP Ansor Gresik, Agus Zuaniadi Hamzah, usai meninjau banjir di Kecamatan Benjeng, Kamis (2/5/2019).

Agus menuturkan pemerintah harus segera mengambil langkah cepat, baik itu melalui normalisasi atau membuat waduk berskala besar untuk menampung air.

Menurutnya, banjir ini menimbulkan permasalahan lain yang kompleks.

Selain menelan korban jiwa, banjir mengakibatkan hubungan sosial masyarakat terganggu dan pendapatan secara ekonomi juga terganggu.

“Banjir ini tidak bisa dibiarkan berlarut-larut setiap tahun,” imbuhnya.

Dari banjir kali ini, PCNU Kabupaten Gresik mengerahkan beberapa badan otonom untuk membantu masyarakat yang terdampak banjir Kali Lamong. Mulai dari IPNU, IPPNU, SERNU, Banser, Muslimat, Fatayat dan LazisNU.

“Kita bantu teman-teman untuk membuat dapur umum. Dan posko bencana banjir. Kebutuhan yang mendesak diantaranya sembako untuk suport dapur umum, selimut, makanan siap saji dan air mineral. Penyaluran bantuan bisa ke MWC NU Benjeng,” kata Abul Basit, ketua SERNU Kabupaten Gresik.

Penulis: Sugiyono
Editor: irwan sy
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved