Pemerintahan

VIDEO Sandiaga Uno Sarankan Referendum terkait Jokowi Pindahkan Ibu Kota Negara ke Luar Jawa

Keputusan Presiden Jokowi memindahkan ibu kota negara ke luar Jawa mendapat tanggapan Cawapres Sandiaga Uno. Sandiaga sarankan ada referendum.

VIDEO Sandiaga Uno Sarankan Referendum terkait Jokowi Pindahkan Ibu Kota Negara ke Luar Jawa
Tribunnews/Jeprima
VIDEO Sandiaga Uno Sarankan Referendum terkait Jokowi Pindahkan Ibu Kota Negara ke Luar Jawa 

SURYA.co.id | JAKARTA - Keputusan Presiden Jokowi memindahkan ibu kota negara ke luar Jawa mendapat tanggapan Cawapres Sandiaga Uno. Sandiaga sarankan ada referendum.

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia Kemendikbud daring, referendum adalah penyerahan suatu masalah kepada orang banyak supaya mereka yang menentukannya (jadi, tidak diputuskan oleh rapat atau oleh parlemen).

Atau penyerahan suatu persoalan supaya diputuskan dengan pemungutan suara umum (semua anggota suatu perkumpulan atau segenap rakyat).

Menurut Cawapres nomor urut 02 itu, keputusan pemindahan ibu kota ke luar Jawa harus melibatkan masyarakat.

"Harus ada referendum, kalau kita mau memindahkan ibu kota itu berapa yang setuju, berapa yang tidak, dihitung dan itu yang harus dilakukan," kata Sandiaga Uno menjawab pertanyaan awak media usai menghadiri pelatihan OK OCE di Kantor Kelurahan Kayu Manis, Jakarta Timur, Selasa (30/4/2019).

"Melibatkan masyarakat dan kepentingan masyarakat diutamakan, kepentingan negara strstegis diutamakan, lapangan kerja tercipta, biaya hidup bisa terjangkau," ujarnya. 

Sandiaga Uno meminta agar wacana ini dikaji secara komprehensif, baik dari segi tata kota, tata ruang, ekonomi, sosial, budaya, maupun politik.

Ini Pertimbangan Presiden Jokowi jika Kalimantan Jadi Ibu Kota Negara di Luar Jawa Pengganti Jakarta

"Jadi wacana ini harus dikaji dengan sangat-sangat detail, sangat mendalam. Dengan revolusi industri 4.0, bagaimana penggunaan teknologi digital dalam memberikan pelayanan bagi masyarakat," katanya.

Selain itu, ia menuturkan pemindahan ibu kota juga harus dilihat dari segi biaya dan anggaran yang akan dikeluarkan.

Apalagi, lanjut dia, pembangunan di Jakarta cukup pesat, terutama secara teknologi dan digital.

Halaman
1234
Editor: Iksan Fauzi
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved