Berita Surabaya

Tertarik Dunia Medis, Mahasiswa UKWMS Ini Manfaatkan Ektraksi Jeruk Purut untuk Obat

Vicky Kristanto, memiliki ketertarikan mendalami senyawa fenolik dan metode ekstraksi dalam penelitian manfaat jeruk purut.

Tertarik Dunia Medis, Mahasiswa UKWMS Ini Manfaatkan Ektraksi Jeruk  Purut untuk Obat
surya.co.id/habibur rohman
Mahasiswa Teknik Kimia Fakultas Teknik bernama Vicky Kristanto manfaatkan jeruk purut untuk kesehatan 

SURYA.co.id | SURABAYA - Daun jeruk purut biasanya digunakan untuk pelengkap aneka kuliner nusantara, sementara buah jeruk purut untuk mengatasi bau amis pada ikan.

Di tangan mahasiswa Universitas Katolik Widya Mandala Surabaya (UKWMS), buah jeruk purut bisa dikonsumsi untuk kesehatan.

Mahasiswa Teknik Kimia Fakultas Teknik bernama Vicky Kristanto, memiliki ketertarikan mendalami senyawa fenolik dan metode ekstraksi dalam penelitian manfaat jeruk purut.

"Proses ektraksinya saya teliti, kulit jeruk yang kaya senyawa fenolik yang lebih banyak dibandingkan dengan jenis jeruk lainnya," kata Vicky Kristanto, Selasa (30/4/2018).

Dipilihnya kulit jeruk yang mengandung senyawa fenolik tersebut untuk kemudian diterapkan ke dunia medis.

Dengan semakin banyaknya senyawa fenolik, hal itu bermanfaat untuk metabolisme tubuh diantaranya antioksidan, anti-inflamasi, anti karsinogen, anti diabetes dan anti mikroba.

"Pada dasarnya senyawa fenolik merupakan hasil dari metabolisme sekunder dari tanaman dan memiliki satu atau lebih gugus hidroksil," kata mahasiswa peraih predikat akademik terbaik.

Proses ekstraksi kulit jeruk purut tersebut dijelaskan Vicky, mula-mula jeruk purut yang telah dicuci, dikupas kulitnya.

Kemudian kulit jeruk berwarna hijau itu dipotong dan dikeringkan dengan cara dioven pada suhu 50 derajat.

Proses ektraksi dilakukan dengan menggunakan pelarut etanol 70 persen di dalam bak sonikator.

Halaman
12
Editor: Titis Jati Permata
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved