Berita Gresik

Refleksi Hari Buruh, Perusahaan di Gresik Disebut masih Banyak yang Belum Bayar Upah Sesuai UMK

Banyak perusahaan di Gresik disebut belum melaksanakan pembayaran Upah Minimum Kota (UMK) 2019.

Refleksi Hari Buruh, Perusahaan di Gresik Disebut masih Banyak yang Belum Bayar Upah Sesuai UMK
surya.co.id/sugiyono
SOSIAL - Serikat pekerja di Gresik memperingati May Day dengan cara bakti sosial dan bazar pasar murah, Rabu (1/5/2019). 

SURYA.co.id | GRESIK - Banyak perusahaan di Gresik belum melaksanakan pembayaran Upah Minimum Kota (UMK) 2019. Sehingga, dalam peringatan May Day serikat buruh (Sekber) di Gresik menggelar bazar sembako murah. Hal ini untuk membantu mencukupi kebutuhan sehari-hari kaum buruh.

Ketua sekber Kabupaten Gresik Agus Salim mengatakan bahwa banyak perusahaan di Gresik yang tidak memberikan gaji sesuai UMK Gresik 2019 yaitu sebesar Rp 3.867.874,40.

"Jumlah perusahaan yang mencapai 1.500 perusahan besar kecil di Kabupaten Gresik. 50 persen buruh di Gresik masih bekerja dengan honor dibawah UMK," kata Agus, Rabu (1/5/2019).

Oleh karena itu, dalam peringatan may day di Kabupaten Gresik menggelar bazar murah. "Kita menjual sembako murah kepada semua teman-teman buruh, sehingga bisa membantu untuk kebutuhan sehari-hari menjelang bulan suci Ramadan," katanya.

Kepala Dinas Tenaga Kerja Gresik, Ninik Asrukin mengatakan, semua buruh di Gresik sudah mendapatkan gaji sesuai UMK. Berdasarkan data di Disnaker Gresik, bahwa se Kabupaten Gresik ada 190 ribu buruh yang tersebar di 1.383 perusahaan baik kecil, menengah, dan perusahaan besar. Bahkan di Gresik ada 6 perusahaan menerapkan Upah Minimal Sektoral Kabupaten (UMSK).

Untuk memperingati May Day, para buruh berkumpul di Gedung Wahana Ekpresi Pusponegoro (WEP), Jl Jaksa Agung Suprapto, Gresik. Dalam acara itu ada bazar murah dari Dinas Koperasi Perindustrian dan Perdagangan Gresik bersama Dinas Tenaga Kerja. Sembako berisi beras 5 kg, gula 1 kg, minyak goreng satu liter, dan satu botol kecap. Semua jika harga normal Rp 75 ribu, namun saat hari buruh ini dijual Rp 15.000.

Penulis: Sugiyono
Editor: Parmin
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved