Berita Lamongan

Tanggul Sungai Plalangan Lamongan Jebol Lagi, Petambak Rugi Ratusan Juta Rupiah

Tanggul Anak Sungai Plalangan di Desa Balun, Kecamatan Turi, Lamongan, ini jebol lagi. Petambak merugi

Tanggul Sungai Plalangan Lamongan Jebol Lagi, Petambak Rugi Ratusan Juta Rupiah
istimewa
Tanggul Anak Sungai Plalangan untuk kali kedua dalam bulan ini. Tadi pagi kembali jebol, warga bahu membahu memperbaiki tanggul, Selasa (30/04/2019) 

SURYA.co.id l LAMONGAN - Tanggul Anak Sungai Plalangan di Desa Balun, Kecamatan Turi, Lamongan, ini jebol lagi. Ini merupakan kejadian kedua dan kini tanggul itu jebol sepanjang 12 meter di titik yang sama, Selasa (30/04/2019).

Jebolnya tanggul di titik yang sama itu, karena anak sungai tak mampu menampung volume air akibat curah hujan yang tinggi di arah selatan.

Kepala Desa Balun Kecamatan Turi, Kusyairi, kepada Surya.co.id, Selasa (30/04/2019), mengatakan jebolnya tanggul ini karena tingginya debit air yang ada di Sungai Plalangan.

Saat ini, debit air memang tinggi karena curah hujan tinggi dan kiriman dari hulu.

"Jebol lagi pagi tadi," katanya.

Tanggul yang jebol itu, sebelumnya pernah diperbaiki namun belum permanen.

Tanggul yang jebol ini sebelumnya pernah jebol pada 6 April 2019 lalu. Saat itu tanggul sudah diperbaiki meski belum sempurna dan belum permanen.

Sementara salah satu penyebab jebolnya tanggul ini kembali adalah adanya penyempitan sungai di daerah lainnya sehingga tanggul di Desa Balun jebol karena tak mampu menahan banyaknya volume air yang ada di sungai.

Jebolnya tanggul untuk kali kedua menyebabkan luapan air dan merendam puluhan hektare lahan tambak yang ada di Desa Balun.

Praktis, para petani tambak merugi karena ikan di lahan tambak yang siap panen lepas tak terselamatkan.

Halaman
12
Penulis: Hanif Manshuri
Editor: irwan sy
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved