Berita Kediri

Jokowi Menang Mutlak di Kota Kediri, Ungkapan Kapolresta AKBP Anthon Haryadi untuk Warga Kota

Jokowi - Makruf Amin dengan memperoleh 143.991 suara. Sedangkan Prabowo Subianto - Sandiaga Uno mendapatkan 38.995 suara.

Jokowi Menang Mutlak di Kota Kediri, Ungkapan Kapolresta AKBP Anthon Haryadi untuk Warga Kota
surya.co.id/didik mashudi
Saksi dari partai menandatangani berita acara penetapan rekapitulasi suara KPU Kota Kediri, Selasa (30/4/2019). 

SURYA.co.id | KEDIRI - Hasil pemilihan presiden 2019 di Kota Kediri dimenangkan nomer urut 01 pasangan Jokowi - Makruf Amin dengan memperoleh 143.991 suara. Sedangkan  pasangan nomer urut 02 Prabowo Subianto - Sandiaga Uno mendapatkan 38.995 suara.

Kemenangan pasangan Jokowi - Makruf Amin diketahui usai rapat pleno terbuka rekapitulasi penghitungan suara KPU Kota Kediri di Hotel Grand Surya, Selasa (30/4/2019).

Ketua KPU Kota Kediri Agus Rofik menyebutkan, setelah melakukan rapat pleno hasil rekapitulasi penghitungan suara akan disampaikan kepada saksi seluruh berita acara dari semua jenis pemilihan satu persatu.

"Saksi calon presiden - wakil presiden akan kami berikan satu - satu dari pasangan calon 01 dan 02. Begitu juga untuk partai dan LO dari calon DPD," jelasnya.

Dari 28 calon DPD ada 6 orang saksi yang hadir dalam rekapitulasi suara di Kota Kediri.

"Selanjutnya kami sampaikan kepada Bawaslu dan KPU Provinsi Jatim untuk 4 jenis pemilihan akan direkap di provinsi," jelasnya.

Sedangkan hasil pemilihan anggota DPRD Kota Kediri telah ditetapkan dalam bentuk surat keputusan. Selanjutnya hasilnya dikirim KPU RI untuk sebagai hasil pemilu nasional yang akan ditetapkan pada 22 Mei 2019.

"Kami masih menetapkan hasil perolehan suara, belum pada tahap penetapan calon yang terpilih," jelasnya.

Penetapan calon terpilih akan dilakukan setelah hasil pemilu ditetapkan secara nasional oleh KPU RI. Selanjutkan KPU Kota Kediri akan mendapat perintah menetapkan calon terpilih dan perolehan kursi.

Sementara Kapolresta Kediri AKBP Anthon Haryadi menjelaskan rangkaian pemilu di Kota Kediri aman dan kondusif.

"Kami berterima kasih kepada seluruh tokoh masyarakat Kota Kediri dan teman-teman dari TNI karena pemilu di Kota Kediri berlangsung aman dan kondusif," jelasnya.

Kegiatan rapat pleno terbuka semua saksi juga sudah sepakat sehingga hasil rekapitulasinya telah ditetapkan. "Kami akan mengawal kegiatan ini dengan tuntas," jelasnya.

Kapolres juga memuji tingkat partisipasi masyarakat di Kota Kediri yang semakin meningkat. Masyarakat menyalurkan hak suaranya untuk membangun bangsa.

Penulis: Didik Mashudi
Editor: Parmin
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved