Berita Jember

Gantikan Garuda Indonesia, Citilink Terbangi Rute Jember-Juanda

Citilink menggantikan layanan terbang Garuda Indonesia. Pesawat Citilink kali pertama mendarati Bandara Notohadinegoro Jember, Minggu (28/4/2019).

Gantikan Garuda Indonesia, Citilink Terbangi Rute Jember-Juanda
ist
Armada maskapai Citilink saat kali pertama mendarat di Jember, Minggu (28/4/2019). 

SURYA.co.id | JEMBER - Maskapai Citilink akhirnya beroperasi di Bandara Notohadinegoro, Jember. Citilink menggantikan layanan terbang Garuda Indonesia. Pesawat Citilink kali pertama mendarati Bandara Notohadinegoro Jember, Minggu (28/4/2019).

Menurut Kepala UPT Bandara Notohadinegoro Jember, Edy Purnomo, Citilink melayani rute Bandara Juanda - Bandara Notohadinegoro Jember (PP) selama empat kali dalam sepekan.

"Setiap hari Minggu, Senin, Rabu, dan Jumat. Masih memakai pesawat jenis ATR berisi 72 seat," ujar Edy kepada Surya, Minggu (28/4/2019).

Pesawat Citilink mendarat di Jember pukul 12.45 Wib dan take off ke Juanda lagi pukul 13.15 Wib. Penerbangan di hari pertamanya terbilang sepi penumpanG. Dari Juanda, Citilink hanya membawa lima orang penumpang, dan dari Jember mengangkut 10 orang penumpang.

Rute Juanda - Notohadinegoro oleh Citilink ini menggantikan layanan terbang Garuda Indonesia. Sebelumnya, rute tersebut diterbangi oleh pesawat ATR milik Garuda Indonesia.

Garuda Indonesia tidak melayani rute Juanda - Notohadinegoro sejak 9 Maret lalu, karena rendahnya penumpang dalam setiap kali penerbangan.

Sampai akhirnya ada kebijakan tidak dioperasikannya pesawat baling-baling atau jenis ATR oleh maskapai tersebut ke bandara perintis. Layanan terbang memakai pesawat jenis ATR dilayani oleh maskapai anak perusahaan Garuda, yakni Citilink.

Setelah beroperasinya Citilink, kini kembali ada dua maskapai yang melayani rute Juanda - Notohadinegoro Jember (PP) yakni Citilink dan Wings Air.

Sementara itu, Bupati Jember Faida menyambut baik adanya layanan penerbangan dari Citilink tersebut

"Alhamdulillah, setelah Pemilu ini kembali ada dua kali pernerbangan Jember - Surabaya dan sebaliknya," ujar Bupati Faida, Minggu (28/4/2019).

Bertambahnya layanan dari maskapai penerbangan itu diharapkan makin memudahkan masyarakat Jember dalam memilih moda transportasi pesawat terbang. Ke depan, lanjutnya, Bandara Notohadinegoro akan ditingkatkan sehingga bisa melayani pesawat berbadan besar seperti Boeing. Sebab Pemkab Jember akan menjadikan bandara itu sebagai sub embakarkasi haji dan umrah.

Bahkan Bupati Faida mengharapkan bandara itu bisa menjadi bandara internasional yang melayani rute keluar negeri.

Penulis: Sri Wahyunik
Editor: Eben Haezer Panca
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved