Berita Pasuruan

Pemkab Pasuruan Siapkan Rp 5,6 Miliar untuk Tunjangan Kesejahteraan Anggota BPD

Anggota Badan Pemusyawaratan Desa (BPD) di Kabupaten Pasuruan akan mendapatkan tunjangan dari Pemkab Pasuruan

Pemkab Pasuruan Siapkan Rp 5,6 Miliar untuk Tunjangan Kesejahteraan Anggota BPD
surya/m taufik
Ilustrasi - tunjangan BPD 

SURYA.co.id | PASURUAN - Anggota Badan Pemusyawaratan Desa (BPD) di Kabupaten Pasuruan akan mendapatkan tunjangan dari Pemkab Pasuruan. Tak tanggung-tanggung, Pemkab Pasuruan sudah menyiapkan dana besar untuk membayar kinerja BPD di Kabupaten Pasuruan.

Ada anggaran sekitar Rp 5,6 miliar yang sudah disiapkan pemerintah untuk menggelontorkan tunjangan untuk seluruh anggota BPD di Kabupaten Pasuruan. Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Kabupaten Pasuruan, Tri Agus Budiharto, mengatakan peran BPD sangat vital dalam setiap pembangunan di desa.

Saat ini, peran BPD sangat penting dan besar sekali untuk pembangunan Desa. Bahkan, kata dia pembahasan anggaran desa pun dibutuhkan keterlibatan BPD. Pertimbangan itulah, kata dia, yang membuat Pemkab mengapresiasi kinerja BPD.

"Jumlahnya Rp 250 ribu setiap bulannya. Dana tersebut dialokasikan dari APBD yang disalurkan melalui pemerintah desa," kata Tri Agus, Jumat (26/4/2019).

Ia menyebut, dengan pemberian tunjangan kesejahteraan bagi setiap BPD di Kabupaten Pasuruan ini akan bisa menjadi pengganti tugas berat yang diemban anggota BPD.

Setiap desa, lanjut dia, memiliki jumlah BPD yang berbeda. Ada yang lima orang, tapi ada pula yang sampai sembilan orang.

Total anggota BPD di Kabupaten Pasuruan mencapai 1.881 orang.

Dengan banyaknya jumlah anggota tersebut, membuat dana yang dikeluarkan Pemkab cukup besar.

"Mencapai Rp 5,6 miliar hingga akhir 2019 ini untuk tunjangan kesejahteraan BPD," tutupnya.

Penulis: Galih Lintartika
Editor: irwan sy
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved