Berita Surabaya

Dua Mahasiswi UKWMS Bikin Kreasi Bubuk Bayam Jadi Snack Bergizi

Ditangan dua mahasiswi Universitas Katolik Widya Mandala Surabaya (UWKMS) olahan bayam menjadi snack bergizi

Dua Mahasiswi UKWMS Bikin Kreasi Bubuk Bayam Jadi Snack Bergizi
surabaya.tribunnews.com/Habibur Rohman
Christina Amelia Hendrawan dan Celine Christina Handoko menunjukkan cemilan berbahan bayam karya mereka di Kampus UKWMS, Jumat (26/4/2019). Meningkatkan nilai jual bayam kreasi mereka ini mengantar mereka sebagai Mahasiswa Akademik Terbaik dan Aktif Berprestasi. 

SURYA.co.id | SURABAYA - Ditangan dua mahasiswi Universitas Katolik Widya Mandala Surabaya (UWKMS) olahan bayam menjadi snack bergizi yang tidak hanya dibalut tepung dan digoreng.

Dua mahasiswi bernama Christina Amelia Hendrawan dan Celine Christina Handoko ini mengolah snack bergisi dengan mengambil bubuk bayam.

Mereka memilih jenis bayam amaranthus hybridus L yang kerap disebut bayam tahun, bayam sekop atau bayam kakap berdaun lebar.

"Daun lebar sehingga kita bisa mendapat bubuk lebih banyak, kalau bayam yang biasanya dimasak sayur bayam itu kadar airnya lebih banyak dan lebih tipis jadi ketika dikeringkan lengket lebih susah diambil dan yang dihasilkan juga sedikit," kata Christina Amelia di UKWMS, Jumat (26/4/2019).

Proses pembuatan snack bayam ini harus melalui beberapa tahap.

Bayam mulanya diolah dalam bentuk bubuk sebelum akhirnya menjadi snack bayam yang daoat dikonsumsi.

Pengolahan bubuk terlebih dahulu bukan tanpa alasan.

Dua mahasiswi Fakultas Teknologi Pertanian UKWMS ini mengatakan beberapa survey dari tumbuhan tersebut telah dilakukan tim skripsinya.

"Tujuannya memperpanjang umur simpan, mempertahankan warna snack dan kandungan zat besi snack bayam bisa lebih tinggi," katanya.

Dari tumbuhan bayam untuk tugas skripsi tersebut, Chistina Amelia mendapat gelar akademik terbaik dan Celine Christina Handoko mendapat gelar wisudawan aktif berprestasi.

Mereka akan mengikuti prosesi wisuda besok (27/4/2019).

"Saya pikir inovasi harus memenuhi kebutuhan masyarakat," pungkas Celine.

Penulis: Nur Ika Anisa
Editor: Fatkhul Alami
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved