Aplikasi WhatsApp Ketua PWI Jombang Diretas. Pelaku Minta Transfer Uang ke Sejumlah Contact

Aplikasi WhatsApp (WA) di smartphone milik Ketua PWI Jombang diretas, Kamis (25/4/2019). Pelakunya, meminta sejumlah uang ke kontak di aplikasi itu.

Aplikasi WhatsApp Ketua PWI Jombang Diretas. Pelaku Minta Transfer Uang ke Sejumlah Contact
ist
ilustrasi 

SURYA.co.id | BANGKALAN - Aplikasi pesan singkat WhatsApp (WA) di smartphone milik Ketua Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Jombang, Sutono, diretas, Kamis (25/4/2019).

Sutono yang merupakan wartawan Harian Surya di Kabupaten Jombang dibuat sibuk untuk membuat klarifikasi atas ulah peretas tersebut.

Hal itu ia lakukan lantaran si peretas mengirim pesan dengan meminta transferan uang. Mulai dari Rp 2 juta, Rp 3 juta, hingga Rp 5 juta ke sejumlah contact yang rercantum di WA nya.

Ia mengaku kaget ketika beberapa teman di Jombang, Surabaya, Madura, bahkan pimpinannya menelpon terkait permintaan sejumlah uang tersebut.

"Saya sampaikan di grup Humas Polres (Jombang) dan teman-teman kantor (Surya) bahwa WA saya telah diambil alih oleh orang lain," ungkap Sutono.

Ia menjelaskan, smartphone yang biasa ia gunakan, dipakai anaknya yang berusia delapan tahun pada malam sebelumnya.

"Tiba-tiba di pagi hari, aplikasi WA tidak bisa digunakan dan meminta saya untuk memasukkan nomor. Tapi tetap tidak bisa," jelasnya.

Hingga saat ini, Sutono belum bisa mengembalikan aplikasinya dalam kondisi normal dan aman.

"Saya juga telpon saudara-saudara yang jauh agar tidak mentransfer uang," pungkasnya.

Peretas sempat memberikan nomor rekening CIMB 705423126800 atas nama Sulkifli. Kendati demikian, hingga saat ini belum ada seorang pun yang menuruti permintaan si peretas.

Halaman
12
Penulis: Ahmad Faisol
Editor: Eben Haezer Panca
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved