Perolehan Kursi DPRD Kota Surabaya Versi Quick Count SCG: PDIP Konsisten Dua Digit

Di Surabaya, PDI Perjuangan akan kembali menjadi pemenang. Menurut hitungan SCG, PDIP dapat 28,35 persen dan bisa rebut 14 kursi

Perolehan Kursi DPRD Kota Surabaya Versi Quick Count SCG: PDIP Konsisten Dua Digit
antara
ilustrasi 

SURYA.co.id | SURABAYA - Lembaga survei Surabaya Consulting Group (SCG) merilis hasil hitung cepat (quick count) untuk pemilihan legislatif tingkat DPRD Kota Surabaya, Rabu (24/4/2019).

Hasilnya, Partai Demokrasi Indonesia (PDI) Perjuangan diprediksi akan kembali keluar sebagai pemenang.

"Di Surabaya, PDI Perjuangan akan kembali menjadi pemenang. Menurut hitungan kami, PDI mendapatkan 28,35 persen," kata Didik Prasetiyono, Direktur Eksekutif SCG, kepada Surya.co.id, Rabu (24/4/2019).

Dengan perolehan sebanyak itu, PDI Perjuangan diprediksi mendapatkan 14 kursi dari lima dapil di Surabaya. 

"PDI Perjuangan konsisten mendapatkan dua digit. Namun, perolehan ini menurun satu kursi dibandingkan pemilu sebelumnya yang mendapat 15 kursi," kata Didik.

Namun, peluang mempertahankan 15 kursi ini bisa saja diwujudkan andai bisa mempertahankan tiga kursi dari dapil Surabaya 3. "PDI Perjuangan sedang berebut kursi ketiga dengan PAN di dapil tersebut," jelasnya.

Selain PDI Perjuangan, ada sembilan partai lain yang diprediksi lolos ke DPRD Surabaya. PDI Perjuangan menjadi satu di antara sembilan partai petahana, sedangkan satu partai merupakan partai baru.

Hasil Pileg DPRD Jatim 2019 Dapil Surabaya Diisi Mayoritas Figur Baru Versi Quick Count SCG

Adalah Hanura yang pada pemilu kali ini gagal mempertahankan kursi dan posisinya digantikan oleh Partai Solidaritas Indonesia (PSI). "Suara Hanura di Surabaya turun drastis tahun ini," katanya.

Berdasarkan quick count pihaknya, PSI akan mendapatkan tiga kusi DPRD Surabaya. Perolehan ini sama seperti perolehan Partai Nasional Demokrat (NasDem) sekaligus berada di atas Partai Amanat Nasional (PAN) dengan dua kursi dan Partai Persatuan Pembangunan (PPP) dengan satu kursi.

Kesuksesan PSI dinilai sebagai dampak dari keputusan mendukung Calon Presiden dan Wakil Presiden nomor urut 01, Joko Widodo dan KH Ma'ruf Amin. "PSI menikmati Coattail Effect Jokowi," katanya.

Halaman
12
Penulis: Bobby Constantine Koloway
Editor: Eben Haezer Panca
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved