Berita Trenggalek

Gus Ipin Wacanakan Pembangunan Diving Center di Trenggalek

Plt Bupati Trenggalek, Muchammad Nur Arifin, mewacanakan pembangunan diving center di Trenggalek dengan memanfaatkan potensi pantai Trenggalek.

Gus Ipin Wacanakan Pembangunan Diving Center di Trenggalek
surabaya.tribunnews.com/aflahul abidin
Plt Bupati Trenggalek, Mochammad Nur Arifin atau Gus Ipin ketika menyelam di Pantai Mutiara, Rabu (24/4/2019). 

SURYA.co.id | TRENGGALEK - Plt Bupati Trenggalek, Muchammad Nur Arifin, merasakan pengalaman pertama menyelam dalam durasi yang cukup lama saat acara bersih-bersih laut di Pantai Mutiara, Rabu (23/4/2019). 

Ia dan beberapa penyelam lain berada di laut hampir sejam untuk memungut sampah dan menilik kondisi terumbu karang di sana.

Para penyelam berada di kedalaman antara 2 hingga 5 meter (m) dari permukaan air laut. Bagi pria yang akrab disapa Gus Ipin itu, pengalaman tersebut cukup mengasyikkan.

"Seru. Bikin ketagihan," kata dia, setelah menyelam.

Selama menyelam, ia mengaku melihat sedikit ikan hias di antara batu karang. Pemandangan itu membuatnya senang, sekaligus sedih.

"Saya senang bisa melihat ikan hias. Tapi sedih karena mereka hanya berkeliling di 'rumah-rumah' mereka telah rusak," ungkap dia.

Melihat Kondisi Bawah Laut Trenggalek, Komandan Lantamal V Surabaya Ajak Masyarakat Rawat dan Jaga

Ia menceritakan pemandangan yang dia dapat itu kepada peserta bersih-bersih pantai. Ia berpesan, kegiatan yang digelar untuk menyambut Hari Bumi itu bakal dilanjutkan masyarakat sekitar.

Kepada warga, Gus Ipin juga menjanjikan bakal membuat diving centre di pantai itu.

"Kalau teman-teman suka selam, saya janji dengan Danlantamal V untuk bikin diving centre. Tapi kami minta dukungannya bareng-bareng," katanya.

Diving centre di sana, kata Ipin, bisa mendorong generasi muda untuk lebih peduli terhadap kebersihan laut. Mereka bisa menyaksikan sendiri pemandangan bawah air yang mendesak untuk terus dijaga.

"Kalau teman-teman tidak bisa berenang, tidak masalah. Saya juga tidak bisa berenang, tapi berani-berani saja," selorohnya.

Selain itu, diving centre juga bisa menjadi wahana eco and edu wisata yang bakal menunjang perekonomian warga sekitar.

Kepada peserta yang hadir, Ipin juga menekankan pentingnya hidup minim sampah buat diterapkan dalam kehidupan sehari-hari.

Cara sederhananya, misalkan, dengan membawa kantong sendiri ketika berbelanja di minimarket atau toko kelontong. 

Penulis: Aflahul Abidin
Editor: Eben Haezer Panca
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved