BPP Jatim Tolak Tandatangan Rekap Suara di Kecamatan, Ini Tanggapan KPU Jatim

KPU Jatim tak permasalahkan sikap Badan Pemenangan Provinsi (BPP) Prabowo-Sandi di Jatim yang enggan menandatangani hasil rekapitulasi di tingkat PPK

BPP Jatim Tolak Tandatangan Rekap Suara di Kecamatan, Ini Tanggapan KPU Jatim
surya.co.id/samsul hadi
Komisioner KPU Provinsi Jatim, Nurul Amalia 

SURYA.co.id | SURABAYA - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Jawa Timur tak mempermasalahkan sikap Badan Pemenangan Provinsi (BPP) Prabowo-Sandi di Jawa Timur yang enggan menandatangani hasil rekapitulasi di tingkat Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK).

KPU Jatim memastikan bahwa hasil rekapitulasi tetap sah tanpa adanya Tandatangan saksi.

"Jadi, BA (Berita Acara) rekapitulasi di tingkat kecamatan akan sah apabila ditandatangani oleh PPK," kata Komisioner KPU Jatim, Nurul Amalia kepada Surya.co.id ketika dikonfirmasi di Surabaya, Rabu (24/4/2019).

Menurutnya, tandatangan saksi hanya sebagai pelengkap saja. "Sehingga, kalau nggak mau tandatangan, ya nggak apa-apa," terangnya

Namun, pihaknya akan memasukkan hal tersebut dalam BA-2 yang berisi catatan kejadian khusus. "BA-2 berisi kronologis yang terjadi di TPS itu," katanya.

BPP Prabowo-Sandi di Jatim Instruksikan Saksi Tolak Tandatangan Hasil Rekap Kecamatan

Menurutnya, rekap di tingkat selanjutnya (Kabupaten/Kota) tetap akan berjalan meskipun tak ada tandatangan saksi. Bahkan, keberatan pada saat rekap kabupaten/kota juga berpotensi untuk tidak ditindaklanjuti.

"Sehingga, kalau di tingkat kecamatan sudah clear, maka untuk keberatan pada rekap di kabupaten/kota tidak bisa kami terima. Seharusnya, kalau ada permasalahan sudah selesai di tingkat kecamatan," katanya.

Nurul menjelaskan bahwa petugas PPK akan menindaklanjuti setiap temuan yang dinilai janggal. Mulai dengan melihat Plano hingga berujung pada perhitungan ulang. "Semua dilakukan di situ," katanya.

"Menurut kami, seharusnya tidak ada masalah saat rekapitulasi di Kabupaten/Kota. Saat PPK saja, sudah ada rekomendasi dari Bawaslu. Nah, ketika PPK menindaklanjuti rekomendasi Bawaslu tersebut, masalah itu seharusnya sudah selesai," katanya.

Sebelumnya, Badan Pemenangan Provinsi (BPP) Prabowo-Sandi di Jawa Timur menginstruksikan jajaran saksi untuk menolak menandatangani hasil rekapitulasi suara di tingkat kecamatan. Penyebabnya, BPP Jatim menyebut adanya potensi kecurangan oleh pelaksana pemilu selama proses perhitungan.

Halaman
12
Penulis: Bobby Constantine Koloway
Editor: Eben Haezer Panca
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved