Berita Gresik

Jelang Ramadan Harga Sembako di Gresik Stabil kecuali Jenis Kebutuhan ini

Menjelang Ramadan sejumlah kebutuhan bahan pokok di sejumlah pasar din Gresik masih stabil.

Jelang Ramadan Harga Sembako di Gresik Stabil kecuali Jenis Kebutuhan ini
surya.co.id/sugiyono
SEMBAKO - Pedagang sembako di Pasar Baru Gresik sedang melayani pembeli, Selasa (23/4/2019).¬† 

SURYA.co.id | GRESIK - Menjelang Ramadan sejumlah kebutuhan bahan pokok di sejumlah pasar din Gresik masih stabil. Sedang jenis kebutuhan bahan bumbu merangkak naik.

Seperti disampikan beberapa pedagang di Pasar Baru Gresik Jl Gubernur Suryo Gresik mengatakan bahwa kebutuhan pokok beras masih stabil. Untuk harga beras premium seharga Rp 12.643/kilogram, kemudian harga beras medium masih tetap Rp 10.714/kilogram dan beras biasa seharga Rp 10.000/kilogram.

"Untuk harga beras tidak ada kenaikan, tapi harga bumbu-bumbu dan telur masih naik," kata Kevin, pedagang sembako di Pasar Baru Gresik, Selasa (23/4/2019).

Untuk harga kebutuhan keperluan dapur yaitu bawang merah seharga Rp 34.000/kilogram, sebelumnya 28.000/kilogram. Sedangkan bawang putih yang sudah kupasan seharga Rp 42.000/kilogram. "Bawang putih cutting naik seharga Rp 53.000/kilogram, sebelumnya hanya Rp 23.000/kilogram," katanya.

Sementara harga minyak goreng curah turun harga menjadi Rp 95.000/kilogram, sebelum seharga Rp 10.500/kilogram. "Penurunan ini karena stok minyak goreng melimpah di Gresik," imbuhnya.

Untuk harga cabai rawit baik seharga Rp 20.000 sebelumnya Rp 10.000/kilogram. Cabai merah naik menjadi Rp 30.000/kilogram, yang sebelum hanya Rp 18.000/kilogram. Begitu juga harga daging ayam naik menjadi Rp 33.000/kilogram, sebelumnya hanya seharga Rp 32.000/kilogram.

Pedagang sembako di pasar Baru Gresik juga mengatakan kenaikan beberapa harga kebutuhan dapur, sebab jumlah permintaan menjelang bulan suci Ramadan. "Biasanya menjelang bulan puasa banyak permintaan kebutuhan dapur. Sedangkan harga beras cenderung turun karena petani sedang panen," kata Rahmawati yang juga pedagang Pasar Baru Gresik.

Sementara daftar harga sembako yang dikeluarkan Dinas Koperasi, Usaha Mikro Dan Perindag Kabupaten Gresik. Harga beras juga masih stabil.

Beberapa harga kebutuhan dapur yang naik yaitu telur ayam horn naik dari Rp 22.500 menjadi Rp 22.643. Harga cabai rawit juga naik dari Rp 18.571 naik menjadi Rp 26.143. "Kenaikan harga pertanian karena stok terbatas dan permintaan tinggi. Biasa hukum pasar. Tapi yang diuntungkan mudah-mudahan para petani," kata Agus.

Untuk menekan kenaikan sembako menjelang bulan suci Ramadan, Agus mengatakan bahwa tim satgas pangan akan memantau kebutuhan sembako dan stok barang lainnya. "Seperti tahun-tahun sebelumnya ada operasi pasar murah yang diadakan Pemerintah, sehingga tidak sampai ada kenaikan harga sembako," katanya.

Penulis: Sugiyono
Editor: Parmin
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved