Berita Madiun

Dinas PUPR Madiun Segera Perbaiki Jembatan Bajulan Ambles agar Bisa Dilewati Pemudik saat Lebaran

Dinas PUPR Kabupaten Madiun akan melakukan perbaikan Jembatan Patimura atau Jembatan Bajulan

Dinas PUPR Madiun Segera Perbaiki Jembatan Bajulan Ambles agar Bisa Dilewati Pemudik saat Lebaran
surya/rahadian bagus
Jembatan Patimura atau Jembatan Bajulan di Desa Bajulan, Kecamatan Saradan, Kabupaten Madiun yang ambles akibat banjir. 

SURYA.co.id | MADIUN - Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kabupaten Madiun akan melakukan perbaikan Jembatan Patimura atau Jembatan Bajulan di Desa Bajulan, Kecamatan Saradan, Kabupaten Madiun. Jembatan tersebut ambles sekitar 2 meter pada Rabu (17/4/2019).

"Kami mencoba melakukan perbaikan darurat dulu, sambil menghitung kerusakan. Kemudian baru menentukan langkah-langkah selanjutnya untuk perbaikan Jembatan Bajulan tersebut. Yang jelas, pengamanan terlebih dahulu yang kami utamakan," kata Kepala Dinas PUPR Kabupaten Madiun, Arnowo, saat dihubungi, Selasa (23/4/2019).

Arnowo menuturkan perbaikan darurat tersebut agar Jembatan Bajulan yang menjadi jalur bagi truk angkutan barang tersebut dapat dilintasi kendaraan ringan, roda dua dan roda empat. Pihaknya masih melakukan investigasi tingkat kerusakan konstruksi jembatan, dan penghitungan teknis, baru kemudian dilakukan perbaikan darurat, dan bisa menentukan kendaraan jenis apa saja yang diperbolehkan melintas.

"Nanti kami klasifikasikan, setelah kami hitung secara teknis, nanti termasuk penanganan kedaruratan sejauh mana, kemudian setelah ditangani, termasuk untuk pemakai kendaraan yang lewat kami klasifikasikan," jelasnya.

Dia berharap, perbaikan darurat ini dapat selesai sebelum lebaran, sehingga jembatan tersebut dapat dilintasi oleh pemudik.

"Kami usahakan nanti pada saat lebaran bisa dilewati,"ujarnya.

Dia menambahkan, karena kerusakan jembatan masuk dalam kategori bencana alam, sehingga anggaran perbaikan darurat menggunakan anggaran belanja tidak terduga (BTT).

"Angarannya dari cadangan dulu, kami usulkan dari BTT, karena itu masuk dalam kategori bencana," kata Arnowo.

Mengenai jumlah anggaran yang dibutuhkan untuk perbaikan, Arnowo mengaku belum mengetahui, sebab saat ini masih dilakukan proses penghitungan.

Diberitakan sebelumnya, Jembatan Patimura atau Jembatan Bajulan yang berada di Desa Bajulan, Kecamatan Saradan, Kabupaten Madiun, ambles selebar sekitar 2 meter, sejak Rabu (17/4/2019).

Halaman
12
Penulis: Rahadian Bagus
Editor: irwan sy
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved