Berita Blitar

Sekolah Terpaksa Pinjam Laptop Siswa untuk UNBK di Kota Blitar

Pemkot Blitar berjanji akan memenuhi kekurangan sarana dan prasana untuk mendukung pelaksanaan ujian nasional berbasis komputer (UNBK) di Kota Blitar

Sekolah Terpaksa Pinjam Laptop Siswa untuk UNBK di Kota Blitar
Surabaya.Tribunnews.com/Samsul Hadi
Plt Wali Kota Blitar, Santoso, memantau pelaksanaan UNBK di SMPN 3 Kota Blitar, Senin (22/4/2019). 

Sekolah Terpaksa Pinjam Laptop Siswa untuk UNBK di Kota Blitar

SURYA.co.id | BLITAR - Pemkot Blitar berjanji akan memenuhi kekurangan sarana dan prasana untuk mendukung pelaksanaan ujian nasional berbasis komputer (UNBK) di Kota Blitar.

Sebab, sekarang, sejumlah sekolah sebagian harus meminjam laptop ke siswa untuk pelaksanaan UNBK.

Hal itu disampaikan Plt Wali Kota Blitar, Santaso, usai memantau pelaksanaan UNBK di SMPN 3 Kota Blitar. Menurutnya, pelaksanaan UNBK pada hari pertama lancar.

"Alhamdulillah pelaksanaan UNBK di hari pertama lancar. Para siswa dapat mengerjakan soal ujian dengan tenang," kata Santoso.

Santoso mengatakan, pada UNBK tahun ini, semua SMP negeri di Kota Blitar sudah bisa melaksanakan ujian secara mandiri di masing-masing sekolahnya. Meski sebenarnya secara sarana dan prasana di beberapa sekolah masih belum mencukupi. Terutama soal kebutuhan komputer untuk ujian.

Jumlah komputer di beberapa sekolah masih belum mencukupi untuk pelaksanaan UNBK. Tetapi, sekolah bekerjasama dengan guru dan wali murid untuk memenuhi kebutuhan komputer. Sekolah meminjam laptop ke guru dan wali murid.

"Sebagian komputer yang dipakai untuk ujian pinjam ke wali murid. Ke depan kami akan berusaha mencukupi kebutuhan komputer di tiap sekolah," ujar Santoso.

Menurutnya, sistem UNBK lebih efisien dan menghemat biaya. Pemerintah tidak perlu lagi mencetak soal ujian di kertas. Selain itu, tenaga untuk pendistribusian soal ujian juga tidak diperlukan lagi. Semua soal ujian sudah langsung berada di komputer.

"Tingkat kebocoran soal ujian juga bisa ditekan dengan sistem ini," katanya.

Halaman
12
Penulis: Samsul Hadi
Editor: Fatkhul Alami
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved