Sosok

Potret Aulia Yuniarti Utomo, Kembangkan Usaha Mikro Warga

Aulia mengungkapkan usaha mikro warga rusun cukup sulit untuk berkembang pesat kalau yang dijual terbatas

Potret Aulia Yuniarti Utomo, Kembangkan Usaha Mikro Warga
istimewa
Potret Aulia Yuniarti Utomo 

SURYA.co.id | SURABAYA - Toko kelontong di rumah susun (rusun) di Surabaya didominasi oleh usaha pribadi penghuni rusun. Modal usaha dan pemasaran yang dilakukan juga cukup terbatas.

Hal ini membuat Aulia Yuniarti Utomo (25), pegawai swasta di Surabaya sangat mendukung program yang digalakkan Pemkot Surabaya untuk memberdayakan toko kelontong di rusun.

"Menurut saya, warung kelontong yang dibuka di kamar rusun kemudian diberdayakan sama koperasi adalah ide yang bagus. Karena, bisnis mereka masih tergolong usaha mikro," kata alumnus UPN Veteran Jatim ini.

Aulia mengungkapkan usaha mikro warga rusun cukup sulit untuk berkembang pesat kalau yang dijual terbatas. Apalagi tidak ada perubahan dan biasanya kurang lengkap.

"Apalagi usaha yang dibuka di kamar-kamar rusun yang sempit dengan ukuran yang tidak seberapa bila dibandingkan jika diberdayakan oleh koperasi," tegasnya.

Dengan diberdayakan koperasi, menurutnya usaha warga akan mulai terlihat dari tempat usaha yang luas.

Barang-barang yang dijual juga akan semakin lengkap, sehingga kebutuhan masyarakat terpenuhi dan bisa meningkatkan penghasilan masyarakat yang ikut bergabung dengan koperasi.

"Usaha buka warung makan, atau pujasera sepertinya akan ideal di rusun. Asalkan ada tempat atau lahan yang bisa menampung warga rusun yang ingin berjualan," pungkasnya.

Penulis: Sulvi Sofiana
Editor: irwan sy
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved