Berita Jember

Dindik Klaim Pelaksanaan UNBK SMP dan USBN SD di Jember Sesuai SOP

Dindik Jember mengklaim pelaksanaan UNBK SMP dan USBN SD 2019 sudah sesuai SOP.

Dindik Klaim Pelaksanaan UNBK SMP dan USBN SD di Jember Sesuai SOP
surya/sri wahyunik
Kepala Dinas Pendidikan Jember, Edy Budi Susilo, memantau UNBK SMP di SMPN 7 Jember 

SURYA.co.id | JEMBER - Dinas Pendidikan (Dindik) Jember mengklaim pelaksanaan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) dan Ujian Sekolah Berstandar Nasional (USBN) di Kabupaten Jember sudah sesuai dengan prosedur standar operasional (Standard Operating Procedure/SOP). SOP itu diterapkan oleh pelaksana UNBK SMP dan USBN SD.

Kepala Dindik Jember, Edy Budi Susilo, sejumlah pegawai Dindik Jember melakukan pemantauan di dua SMP dan dua SD. UNBK SMP yang dipantau yakni UNBK di SMPN 2 dan SMPN 7 Jember, sementara pemantauan USBN SD dilakukan di SDN Jember Lor 3 dan SDN Slawu 3.

"Hari ini serentak pelajar kelas 3 SMP dan Mts baik negeri maupun swasta mengikuti UNBK. Di Kabupaten Jember semuanya atau sudah 100 persen penggunaan komputer untuk UNBK SMP ini. Sementara untuk SD, hari ini juga serentak USBN SD tetapi masih berbasis paper (kertas)," ujar Edy kepada sejumlah wartawan usai pemantauan UNBK dan USBN.

Edy menegaskan dari hasil pemantauan itu, sekolah pelaksana sudah melakukan UNBK dan USBN sesuai dengan SOP.

"Dalam UNBK dan USBN semuanya sudah ada SOP-nya, dan sejauh ini pelaksanaan sudah sesuai dengan SOP tersebut," tegasnya.

UNBK SMP berlangsung mulai Senin (22/44/2019) sampai Kamis (25/4/2019) dengan mata pelajaran Bahasa Indonesia, Matematika, Bahasa Inggris dan IPA.

Untuk USBN SD berlangsung mulai Senin (22/4/2019) sampai Rabu (244/4/2019) dengan mata pelajaran, Bahasa Indonesia, Matematika, dan IPA.

Edy menuturkan pihaknya menggandeng PLN untuk penjaminan keamanan pasokan listrik dan pihak Telkom untuk keamanan jaringan internet ke sekolah penyelenggara UNBK SMP.

"Kalau toh misal ada pemadaman, kami sudah antisipasi. Misal hari ini di SMPN 7 disiapkan genset dengan kapasitas 50.000 watt, jika sampai terjadi pemadaman listrik hanya dalam 2 menit langsung bisa dihidupkan, sekaligus juga berkoordinasi dengan pihak Telkom supaya tidak terputus jaringannya," imbuh Edy.

Sedangkan untuk USBN SD yang masih berbasis kertas, seluruh materi ujian sudah dikirimkan ke seluruh kecamatan di Kabupaten Jember.

Distribusi soal ujian mendapatkan pengawalan dari 31 POlsek yang ada di Kabupaten Jember.

"Pagi tadi sudah didistribusi ke sekolah sesuai gugus tugas yang dibagikan dalam keadaan masih tersegel," tegasnya.

Lembaga sekolah yang menyelenggarakan UNBK SMP sebanyak 560 sekolah, terdiri dari 335 SMP negeri dan swasta, dan 225 Mts negeri dan swasta. Jumlah pesertanya lebih dari 36 ribu orang.

Sementara untuk sekolah dasar, baik negeri maupun swasta, lembaga yang menyelenggarakan sebanyak 1.429 lembaga, dengan jumlah peserta keseluruhan 38.677 siswa.

Penulis: Sri Wahyunik
Editor: irwan sy
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved