Press Release

Akses Beasiswa Melimpah, Wagub Jatim Dorong Anak Muda Lanjutkan Studi ke Jenjang Lebih Tinggi

Wagub Jatim, Emil Elestianto Dardak, mendorong anak muda untuk melanjutkan studi ke jenjang yang lebih tinggi dengan memanfaatkan peluang beasiswa

Akses Beasiswa Melimpah, Wagub Jatim Dorong Anak Muda Lanjutkan Studi ke Jenjang Lebih Tinggi
ist
Wakil Gubernur Jatim, Emil Elestianto Dardak, saat berbicara di ajang WISH Festival 2019 di Surabaya, Sabtu (20/4/2019) 

SURYA.co.id | SURABAYA - Wakil Gubernur Jatim, Emil Elestianto Dardak, mendorong mahasiswa di Jawa Timur untuk melanjutkan studi ke jenjang yang lebih tinggi dengan memanfaatkan peluang beasiswa yang ditawarkan oleh banyak lembaga.

Hal itu secara tersirat dia sampaikan ketika berbicara di ajang World Indonesia Scholarship (WISH) Festival 2019 yang digelar di Graha Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS), Surabaya, Sabtu (20/4/2019).

WISH Festival 2019 digelar oleh Indonesian Scholarship Network (ISN), Mata Garuda LPDP, Mata Garuda Jawa Timur, dan komunitas Sahabat Beasiswa Chapter Surabaya.

Emil mengatakan, saat ini, untuk menyambut era industri 4.0, pemerintah membutuhkan banyak sumber daya manusia di bidang teknik, sains, teknologi, dan matematika. Kebutuhan itu dapat dipenuhi dengan menempuh pendidikan tinggi, baik di dalam maupun luar negeri.

Sehubungan dengan itu, dia pun mengapresiasi ajang-ajang yang memberikan informasi beasiswa kepada anak-anak muda.

"Pameran beasiswa seperti ini akan menjadi jalan bagi generasi muda untuk masuk perguruan tinggi berkualitas sehingga kita bisa mencetak mahasiswa yang potensial membawa perubahan positif bagi negeri," ujar pria yang akrab dipanggil Emil Dardak itu.

Dinginkan Umat Pasca Pilpres 2019, Ulama dan Kiai Sepuh akan Kembali Berkumpul di Sejumlah Daerah 

Hampir Punah di Dunia, Mangrove Ceriops Decandra Tumbuh Lestari di Bangkalan Madura

1.300 Anak Ikuti Sahabat Generasi Maju yang Menjadi Perhelatan Pertama Sarihusada Tahun ini

Pemerintah Provinsi Jatim sendiri, lanjut Emil, sangat mendukung upaya-upaya untuk membangun anak-anak muda sehingga keinginan pemerintah untuk memanfaatkan bonus demografi dapat terwujud.

Selain itu, Pemprov Jatim juga sedang dalam proses membangun Millenial Job Center (MJC) yang akan mempertemukan industri dengan anak-anak muda yang kompeten di bidangnya masing-masing.

Di dalam MJC, akan ada Millenial Incubation for Enterpreneurship & Innovation (MILEA) yang merupakan program kreatif untuk mendorong prakondisi dan perilaku kreatif. Lewat program itu pula, anak-anak muda yang berniat mendirikan startup namun terkendala modal, bisa bekerja secara freelance ke perusahaan-perusahaan yang membutuhkan tenaga dan daya kreativitasnya.

"Sambil bekerja, mereka bisa mengumpulkan modal untuk membangun startup-nya masing-masing," lanjutnya.

Kampung Beasiswa

Sekretaris Jenderal Mata Garuda Jawa Timur, Eben Haezer, mengatakan bahwa ISN bersama Mata Garuda LPDP berencana membangun 'Kampung Beasiswa' di berbagai tempat, termasuk di Jawa Timur.

Di sana, akan diselenggarakan berbagai program yang dapat membantu anak-anak muda untuk memperoleh beasiswa

"Ke depan, kita akan buat Kampung Beasiswa, sebuah program yang dapat membantu anak-anak muda mempersiapkan diri untuk memperoleh beasiswa. Sementara ini, konsepnya masih sedang kami matangkan," ujar Eben. 

Editor: Eben Haezer Panca
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved