Berita Jombang

PPP Jombang Klaim Rebut 9 Kursi di DPRD, Demokrat Turun Jadi 5

Diklaim pada pemilu 17 April 2019 ini, suara partai berlambang kabah itu naik 120 persen dibanding pemilu sebelumnya.

PPP Jombang Klaim Rebut 9 Kursi di DPRD, Demokrat Turun Jadi 5
SURYA.co.id/Sutono
Situasi rekapitulasi suara pilpres dan pileg di tingkat Kecamatan Peterongan, Jombang. 

SURYA.co.id | JOMBANG - Kendati Ketua Umum Partai Persatuan Pembangunan (PPP) Romahurmuziy (Romi) kena operasi tangkap tangan KPK, namun tidak berpengaruh negatif kepada raihan suara PPP di Kabupaten Jombang.

PPP Kota santri ini mengklaim justru mendapatkan suara signifikan pada pemilu 17 April 2019. Tidak tanggung-tanggung, suara partai berlambang kabah itu naik 120 persen dibanding pemilu sebelumnya.

Penegasan itu disampaikan Sekretaris DPC PPP Jombang Ja'far Sodik.

"Data sementara, dari enam daerah pemilihan (dapil), kita mendapatkan sembilan kursi," kata Ja'far kepada SURYA.co.id, Sabtu (20/4/2019).

Ja'far menjelaskan, sembilan kursi tersebut merupakan capaian yang cukup signifikan. Pasalnya, pada pemilu 2014, PPP hanya meraup empat kursi di DPRD Jombang. Peningkatan suara itu, menurut Jafar, karena para caleg benar-benar bekerja keras di lapangan.

Menurut Ja'far, di Jombang terdapat enam dapil. Meliputi dapil 1 (Jombang-Peterongan), selanjutnya dapil 2 (Diwek, Jogoroto, Sumbito), dapil 3 (Mojowarno, Mojoagung, Wonosalam, Bareng), serta dapil 4 (Bandar Kedungmulyo, Perak, Ngoro, Gudo).

Kemudian dapil 5 (Ploso, Kudu, Ngusikan, Plandaan, Kabuh), serta dapil 6 (Megaluh, Tembelang, Kesamben).

"Dapil 1, 2 dan 4, masing-masing kita mendapatkan dua kursi. Sedangkan dapil 3, 5 dan 6, masing-masing mendapat satu kursi. Jadi total PPP mendapatkan 9 kursi di DPRD Jombang," kata Ja'far.

"Ada peningkatan sekitar 120 persen, jika dibanding pemilu 2014. Pada 2014, PPP Jombang mendapatkan 4 kursi. Sedangkan pemilu ini kami meraih 9 kursi. Peningkatan karena karena seluruh caleg bekerja keras di lapangan," tegasnya.

Bagaimana PDIP Jombang yang pada pemilu 2014 menjadi partai pemenang di kota santri? Ketua DPC PDIP Jombang Marsaid ketika dikonfirmasi belum berani membeber hasil pemantauan para saksi di lapangan. Dia mengatakan, saat ini pihaknya masih melakukan penghitungan.

Sementara Partai Demokrat Jombang mengatakan, hasil pemilu 2019 ini mengalami penurunan suara. Pada pemilu 2014, partai berlambang bintang mercy mengoleksi enam kursi di DPRD Jombang.

"Untuk pemilu 2019, hasil penghitungan kami di internal, demokrat mendapatkan lima kursi. Yakni, dari dapil 1 sampai 5, masing-masing mendapatkan satu kursi. Untuk dapil enam, kami belum mendapat laporan. Yang sudah pasti lima kursi," ujar Ketua DPC Partai Demokrat Jombang Syarif Hidayatullah atau akrab disapa Gus Sentot.

Koordiv Partisipasi Masyarakat Dan Humas KPU Jombang M Fatoni mengatakan, saat ini tahapan yang dilakukan adalah rekapitulasi suara di tingkat kecamatan. Sehingga soal hasil belum masuk ke KPU. Rekapitulasi tingkat kecamatan itu mulai 18 April hingga 4 Mei 2019.

Penulis: Sutono
Editor: Cak Sur
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved