Berita Kediri

Perempuan Pemakan Jari Akan Dipantau Petugas Dinsos Kabupaten Kediri

Petugas dari Kantor Dinsos Kabupaten Kediri akan mengunjungi secara berkala pasien Wiji Fitriani yang saat ini dirawat di RSJ Menur

Perempuan Pemakan Jari Akan Dipantau Petugas Dinsos Kabupaten Kediri
SURYA.co.id/Didik Mashudi
Petugas membujuk Mbah Jirah supaya mengizinkan Wiji Fitriani, cucunya dirawat di RSJ Menur, Surabaya, Sabtu (20/4/2019). 

SURYA.co.id | KEDIRI - Petugas Kantor Dinas Sosial (Dinsos) Kabupaten Kediri telah diminta untuk melakukan pemantauan kondisi Wiji Fitriani (28), pasien jiwa pemakan jari-jari tangannya.

Plt Kepala Kominfo Kabupaten Kediri Krisna Setiawan menjelaskan, petugas dari Kantor Dinsos Kabupaten Kediri akan mengunjungi secara berkala pasien Wiji Fitriani yang saat ini dirawat di Rumah Sakit Jiwa ( RSJ) Menur Surabaya.

Perempuan Pemakan Jari di Kediri Dirujuk ke RSJ Menur Surabaya

"Pasien dirawat di RSJ Menur sampai yang bersangkutan sudah dinyatakan bisa dipulangkan," jelas Krisna Setiawan kepada Surya.co.id, Sabtu (20/4/2019).

Sebelumnya Wiji Fitriani telah dijemput olek Dr Sukesi, Kepala Dinas Sosial Provinsi Jawa Timur dari rumahnya di Desa Ngadi, Kecamatan Mojo, Kabupaten Kediri. Selanjutnya pasien penderita jiwa dirujuk ke RSJ Menur Surabaya.

Tim dari Jatim Social Care (JSC) juga telah lebih dahulu melakukan assesment terhadap penderita dan keluarganya. Selanjutnya telah menentukan tindakan cepat yang harus dilakukan dalam penanganan pasien.

Krisna juga menjelaskan, sebelumnya petugas dari Dinkes dan Dinsos Kabupaten Kediri juga sudah bertindak.

Tim TKSK telah mengunjungi rumah Wiji Fitriani penderita gangguan jiwa yang tinggal dengan neneknya. Selain itu telah berkoordinasi dengan perawat dari puskesmas.

Pasien juga telah mendapatkan kunjungan secara rutin dari petugas perawat jiwa puskesmas setempat dengan fasilitasi BPJS masyarakat miskin.

Kondisi pasien apabila kambuh, cenderung menyakiti diri sendiri, salah satunya dengan menggigit jari-jari tangannya sampai berdarah.

Selain itu telah ada relawan yang mengantar berobat ke RSUD dr Iskak Kabupaten Tulungagung untuk membersihkan luka-luka di jari tangannya, siku dan lututnya. Petugas Kantor Dinsos akan melakukan pemantauan lebih lanjut.

Penulis: Didik Mashudi
Editor: Cak Sur
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved