VIDEO Detik-detik TNI & Polri Evakuasi TPS di Papua yang Diteror KKB, Dandim Ungkap Kronologinya

Video detik-detik tempat pemungutan suara (TPS) di Distrik Alama, Mimika, Papua diteror oleh kelompok kriminal bersenjata (KKB), ada di artikel ini

SURYA.co.id - Video detik-detik tempat pemungutan suara (TPS) di Distrik Alama, Mimika, Papua diteror oleh kelompok kriminal bersenjata (KKB), ada di artikel ini

Dilansir dari Kompas.com, teror KKB Papua terhadap TPS di Distrik Alama itu terjadi pada Kamis (18/4/2019)

Dandim 1710/ Mimika, Letkol Inf. Pio L. Nainggolan mengatakan, suara tembakan itu terdengar pukul 06.00 WIT.

Diduga, tembakan itu diarahkan kepada penyelenggara pemilu dan aparat keamanan yang bertugas mengamankan jalannya pemilu di distrik tersebut.

"Teror penembakan itu juga terjadi kepada pesawat Susi Air yang berada di lapangan terbang sekitar pukul 08.00 WIT," kata Pio saat dihubungi Kompas.com.

VIRAL Server KPU Kena Hack Saat Proses Hasil Real Count Pilpres 2019, Begini Fakta yang Sebenarnya

Inul Daratista Ucapkan Selamat Jokowi-Maruf Menang Quick Count 5 Lembaga, Gak Sia-sia Kejengkang

Jokowi Banjir Ucapan Selamat Dari Negara Tetangga Soal Pemilu 2019, Mulai Malaysia hingga Turki

Kesedihan AHY Soal Impian Ani Yudhoyono yang Belum Tercapai, Annisa Pohan: Terhalang Masalah Dana

Suara tembakan kembali terdengar saat helikopter TNI AD akan menjemput tim penyelenggara pemilu beserta logistik, dan aparat keamanan yang bertugas di distrik tersebut.

Aparat keamanan yang berada di distrik itu kemudian membalas tembakan ke asal suara tembakan. Karena jaraknya cukup jauh, Pio mengatakan tidak terjadi kontak tembak.

"Bukan helikopter yang ditembak, namun ada gangguan tembakan. Terdengar dua kali suara tembakan oleh tim Penerbad," ujar Pio.

Dengan menggunakan dua helikopter milik TNI AD, Dandim bersama Kapolres Mimika AKBP Agung Marlianto kemudian melakukan evakuasi terhadap penyelenggara pemilu dan aparat keamanan yang bertugas di wilayah tersebut, Kamis (18/4/2019) siang.

Dua personel Kodim 1710/Mimika, tujuh personel Yon B Brimob Timika, 13 personel Polres Mimika, enam orang penyelenggara pemilu, dan satu orang dari PT Trans Mimika selaku pihak ketiga pendistribusian logistik pemilu kemudian dievakuasi ke Distrik Agimuga yang terdekat dari Distrik Alama.

Halaman
1234
Penulis: Putra Dewangga Candra Seta
Editor: Musahadah
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved