Pemilu 2019

5 Faktor Ini Dianggap Jadi Penentu Jokowi Menang di Jatim

Kemenangan tebal pasangan Jokowi-Ma'ruf Amin di Jawa Timur tak lepas dari lima faktor ini

5 Faktor Ini Dianggap Jadi Penentu Jokowi Menang di Jatim
surya.co.id/fatimatuz zahro
Surokim Abdussalam, dosen komunikasi politik dan dekan FISIB Universitas Trunojoyo Madura (UTM). 

SURYA.co.id | SURABAYA - Kemenangan tebal pasangan Jokowi-Ma'ruf Amin di Jawa Timur dikatakan pengamat politik adalah hal yang wajar dan sudah terprediksi. Berdasarkan hasil hitung cepat Litbang Kompas, pasangan Jokowi-Ma'ruf Amin memperoleh suara 64,65 persen mengalahkan pasangan Prabowo - Sandiaga Uno.

Dosen Komunikasi Politik dan dekan FISIB Universitas Trunojoyo Madura (UTM), Surokim Abdussalam, mengatakan kemenangan Jokowi di Jatim dipengaruhi setidaknya empat faktor.

"Kemenangan tebal Jokowi-Ma'ruf di Jatim adalah suatu kewajaran. Pertama faktor kepuasan pemilih Jatim terhadap kinerja Jokowi tinggi. Dalam setahun terakhir dua kali survey yang kami lakukan, kepuasan atas kinerja Jokowi selalu diatas 75 persen bahkan awal Januari angkanya bisa tembus 85 persen artinya masyarakat puas terhadap kinerja Jokowi," kata Surokim, pada Surya, Jumat (19/4/2019).

Faktor kedua, Surokim melanjutkan, sosok personal Jokowi sangat kuat. Jokowi juga jarang berpolemik dan mematik kontroversi.

Hal ini selaras dengan tipikal pemilih Jatim yang tidak suka konfliktual dan lebih suka dengan harmoni.

"Ketiga peran tokoh-tokoh kunci dan influencer Jatim kuat dan cenderung mendukung Jokowi. Tokoh ini termasuk kepala daerah penguasa lokal," kata Surokim.

Sebagaimana diketahui di Jawa Timur, banyak tokoh-tokoh sentral yang nyata memberikan dukungan pada Jokowi-Ma'ruf.

Mulai kepala daerah Gubernur Khofifah Indar Parawansa menyatakan dukungan untuk Jokowi. Dan dari 38 kabupaten kota di Jatim, hanya tiga kepala daerah yang tidak mendukung Jokowi.

"Keempat, warga nahdliyin mendapat momentum solid melawan tekanan terhadap NU khususnya dari kelompok Islam aliran radikal," ucapnya.

Dan faktor kelima menurutnya adalah dukungan mesin partai, relawan dan tim pemenangan yang all out.

Halaman
12
Penulis: Fatimatuz Zahro
Editor: irwan sy
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved