Pemilu 2019

Wakapolda Jatim Pastikan Pemilu Aman dan Lancar di Sumenep Madura

Wakapolda Jatim Brigjen Pol Toni Hermanto pastikan Pemilu aman dan lancar di Sumenep Madura.

surya.co.id/moh rivai
Brigjen Pol Toni Hermanto saat tiba di Sumenep memantau Pemilu berjalan aman dan lancar, Kamis (18/4/2019). 

SURYA.co.id | SUMENEP  - Sehari pasca Pemilu Legislatif dan Presiden dan Wakil Presiden di Jawa Timur, Wakil Kepala Kepolisian Daerah ( Wakapolda ) Jatim,  Brigjen Pol Toni Hermanto bersama Kasdam V/ Brawijaya Brigjen TNI, Bambang Ismawan, SE, MM, terjun ke Kabupaten Sumenep memantau langsung pergerakan kotak suara dan logistik pemilu tahun 2019 dari TPS, ke Kecamatan hingga ke KPU Kabupaten Sumenep, Kamis (18/4/2019). 

 Wakapolda Jatim beserta rombongan saat di Sumenep disambut Dirkum Polda Jatim, Kombes Pol Sigit Dedy Purwadi, S.I.K, MH, dan Kapolres Sumenep, AKBP Muslimin, S.I.K, Dandim 0827 Sumenep, Letkol Inf Ato Sudiatna beserta sejumlah pejabat di Sumenep. 

Wakapolda Jatim bersama rombongan langsung berkunjung ke kantor Komisi Pemilihan Umum (KPU) di Jalan Asta Tinggi, Desa Kebonagung, Kecamatan Kota Sumenep, dan diterima oleh Ketua KPU Sumenep, A Waris dan dua komisioner KPU Sumenep, Abd Malik fan Abd Hadi. 

Kepada KPU Sumenep, Wakapolda menjelaskan bahwa kedatangannya ke Sumenep untuk memastikan bahwa pelaksanaan pemilu di Madura, khususnya di Sumenep berjalan damai, sukses aman. 

“ Sekaligus kami mengecek kepastian pelaksanaan pemilu yang dilaksanakan kemarin. Juga untuk memastikan pergeseran logistik Pemilu, seperti kotak suara, dari tempat pemungutan suara (TPS) bisa kembali ke kantor KPU dengan aman pasca pemilu hari ini dan selanjutnya,” kata Wakapolda di kantor KPU Sumenep, Kamis, (18/4/2019). 

Ketua KPU Sumenep, A Waris menyambut hangat kedatangan Wakapolda Jatim di KPU Sumenep. Ketua KPU menjelaskan bahwa secara umum pelaksanaan pemilu di Sumenep berjalan aman dan lancar. Semua itu juga diantaranya karena setiap tahapan pemilu di Sumenep juga karena peran aparat keamanan, Polri dan TNI.

“ Tentu kami menyampaikan terima kasih kepada aparat, baik Polisi dan TNI serta aparat lainnya. Sehingga pemilu di Sumenep berjalan dengan baik, aman dan lancar,” kata Waris.

KPU merencanakan pelaksanaan rekapitulasi hasil pencoblosan di tingkat Kecamatan, hari Jum”at 19/04/2019. Namun pihaknya membeberkan pula bahwa rekapitulasi di tingkat kecamatan dilakukan secara bertahap. Mengingat jumlah kecamatan di Kabupaten Sumenep mempunyai 27 kecamatan.

“ Mestinya, sesuai tahapan Pemilu, rekapitulasi suara tingkat kecamatan bisa dilakukan besok harinya sejak tanggal 18 hingga 4 Mei 2019. Tapi untuk di Sumenep, baru bisa dimulai besok Jumat,” timpal Abd Malik anggota KPU Sumenep.

Penulis: Moh Rivai
Editor: Parmin
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved