Pilpres 2019

Tuntaskan Penghitungan Suara Pemilu Serentak, KPPS Kerja Sampai Subuh

Pelaksanaan Pilpres dan Pileg serentak 17 April 2019 membuat Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) bekerja sampai dini hari.

Tuntaskan Penghitungan Suara Pemilu Serentak, KPPS Kerja Sampai Subuh
surabaya.tribunnews.com/sri wahyunik
Penghitungan suara di TPS 02 Tegalgede, Kabupaten Jember 

SURYA.co.id | JEMBER - Pelaksanaan Pilpres dan Pileg serentak 17 April 2019 membuat Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) bekerja sampai Kamis (18/4/2019) dini hari.

Di Jember, sejumlah KPPS ada yang meninggalkan TPS antara pukul 03.00 - 04.00 Wib. Sementara proses penghitungan surat suara rata-rata selesai pukul 24.00 Wib. Setelahnya dilanjutkan dengan pengisian hasil ke aneka formulir salinan.

Di TPS 20 Kelurahan Tegalbesar, Kecamatan Kaliwates misalnya, selesai penghitungan pukul 00.00 Wib. Pukul 01.00 Wib, hasil keseluruhan dibawa ke Kantor Kelurahan.

Sedangkan di TPS 04 Kelurahan Sumbersari Kecamatan Sumbersari, penghitungan selesai pukul 23.00 Wib.

"Jam 11 malam penghitungan selesai. Lama itu ngisi salinan-salinan itu. Sekitar jam 2 dini hari semua logistik dikirim ke kantor kelurahan," kata Iwan Budianto, KPPS TPS 04 Sumbersari, Kamis (18/4/2019).

Sementara di TPS 02 Kelurahan Tegalgede Kecamatan Sumbersari, semua pekerjaan rampung pukul 03.00 Wib, dan logistik langsung digeser ke kantor kelurahan.

"Selesai jam 3 pagi tadi," ujar Ketua KPPS TPS 02 Tegalgede, M Syaifudin kepada Surya, Kamis (18/4/2019).

Waspadai Penipuan Dengan Modus Tukar Uang Receh. Pelakunya Masih Berkeliaran

Miris, Penderita Gangguan Jiwa di Kediri Menggigit Jari Tangannya Sendiri Hingga Putus Bila Kambuh

Penghitungan surat suara yang membutuhkan waktu cukup lama adalah penghitungan untuk DPRD Kabupaten dan DPR RI.

Sedangkan untuk penghitungan hasil Pilpres terbilang cepat di rata-rata TPS.

Komisioner KPU Jember Ahmad Hanafi menegaskan sampai Kamis (18/4/2019) pagi, seluruh KPPS di Kabupaten Jember sudah menyelesaikan pekerjaannya.

"Setelah selesai penghitungan, semua hasil dari TPS digeser ke PPS di kelurahan. Siang rata-rata sudah bergeser ke kantor PPK di kecamatan," ujar Hanafi.

Seperti di Kecamatan Sumbersari, Kamis (18/4/2019) siang, logistik dari TPS sudah dikirimkan ke Sekretariat PPK di Kantor Kecamatan Sumbersari.

Hanafi menambahkan, rekapitulasi suara di tingkat kecamatan akan mulai dilakukan, Sabtu (20/4/2019) nanti.

17 April kemarin, rakyat Indonesia mengikuti Pemilu untuk memilih presiden dan wakil presiden, serta anggota legislatif. Pemilih mendapatkan lima jenis surat suara. Kelima jenis surat suara yang telah dicoblos itulah yang harus bergantian dihitung oleh KPPS.

Pada Pemilu 2014, pelaksanaan Pilpres dan Pileg tidak bersamaan. Dalam sejarah Pemilu Indonesia, KPPS paling banyak hanya menghitung empat jenis surat suara. Dalam Pemilu 2019 ini menjadi lima jenis surat suara yakni Presiden - Wakil Presiden, DPR RI, DPRD Provinsi, DPRD Kabupaten, dan DPD RI

Penulis: Sri Wahyunik
Editor: Eben Haezer Panca
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved