Berita Surabaya

Pemkot Surabaya Bangun 3 Rusunawa Baru, Tarif Sewanya Rp 100.000

Pemkot Surabaya akan membangun tiga rusunawa bertarif sangat murah namun punya fasilitas penunjang seperti apartemen

Pemkot Surabaya Bangun 3 Rusunawa Baru, Tarif Sewanya Rp 100.000
istimewa
Ilustrasi Rusun Indrapura yang akan dibangun Pemkot Surabaya 

SURYA.co.id | SURABAYA - Pemkot Surabaya akan membangun tiga rusunawa bertarif sangat murah. Kendati murah, rusunawa tersebut diklaim akan punya fasilitasnya mirip apartemen lengkap dengan fasilitas penunjang. 

Kepala Dinas Pengelolaan Tanah dan Bangunan (DPTB) Kota Surabaya, Maria Ekawati Rahayu, menuturkan bahwa penentuan harga sewa Rusunawa itu besarkan Peraturan Wali Kota (Perwali). Yang menempati lantai paling bawah relatif lebih mahal ketimbang lantai di atasnya. 

"Untuk tiga Rusunawa baru nanti tarif sewanya tidak lebih dari Rp 100.000 per Bulak untuk lantai satu. Untuk lantai 2 dan seterusnya lebih murah selisih Rp 10.000" terang Kepala DPTB Yayuk kepada surya, Kamis (18/4/2019).

Pemkot Surabaya Bangun 3 Rusunawa Baru Mirip Apartemen, Tahun Ini DItarget Selesai

Namun tidak semua warga bisa menempatinya karena Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini akan memprioritaskan bagi warganya yang berpenghasilan di bawah UMK. 

Mereka warga bar-KTP Surabaya yang belum memiliki rumah dengan penghasilan rendah akan menempati Rusunawa serasa apartemen tersebut. Mereka juga harus mengajukan ke Pemkot Surabaya melalui kelurahan. 

Saat ini, Pemkot Surabaya sudah memiliki 20 Rusunawa yang diperuntukkan bagi warga kota ini. Tersebar di semua wilayah Surabaya.

Bahkan ada Rusunawa yang berlokasi di tengah kota di Jl Urip Sumohardjo, yakni Rusunawa Urip Sumohardjo. 

Namun tarif Rusunawa ini sedikit lebih mahal yakni Rp 105.000 per bulan untuk lantai 1. Lantai di atasnya selisih Rp 10.000 lebih murah. Sesuai regulasi memang lantai dasar tarifnya selisih lebih mahal. 

Rusunawa yang tarifnya persis di bawah Rusunawa Urip adalah Rusunawa Tambak Wedi di dekat Suramadu.

Besaran tarif per bulan Lantai 1 di Rusunawa ini Rp 99.000. Kemudian berkurang Rp 10.000 untuk lantia di atasnya.

Persis di bawah Tambak Wedi adalah Rusunawa Bandarejo, Dukuh Menanggal, dan Gunung Anyar yang tarif lantai 1 di kisaran Rp 80.000-Rp 90.000-an.

Namun ada juga Rusunawa yang tarif sebulan Rp 40.000 per bulan, yakni Rusunawa Sombo, Dupak Bangunrejo, dan Penjaringansari.

"Nanti tarif sewa Rusunawa baru juga tidak berbeda jauh dengan tarif sewa yang saat berlaku di Rusunawa lama sat ini. Sifatnya memang melayani hak dasar warga akan tempat tinggal layak," kata Yayuk. 

Penulis: Nuraini Faiq
Editor: irwan sy
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved