Berita Gresik

Pelajar SMK Muhammadiyah 1 Gresik Ciptakan Smarthome Berbasis Ok Google hanya Modal Rp 200 Ribu

Pelajar SMK Muhammadiyah 1 Gresik Ciptakan Smarthome Berbasis Ok Google hanya Modal Rp 200 Ribu

Pelajar SMK Muhammadiyah 1 Gresik Ciptakan Smarthome Berbasis Ok Google hanya Modal Rp 200 Ribu
Surabaya.Tribunnews.com/Willy Abraham
Dua pelajar SMK Muhammadiyah 1 Gresik saat mempraktekkan Smarthome berbasis Ok Google untuk mematikan lampu sekolah, Sabtu (13/4/2019). Foto : Willy Abraham 

Pelajar SMK Muhammadiyah 1 Gresik Ciptakan Smarthome Berbasis Ok Google hanya Modal Rp 200 Ribu

SURYA.co.id | GRESIK - Pelajar SMK Muhammadiyah 1 Gresik menciptakan sistem Smarthome berbasis Google. Alat elektronik rumah akan menyala dan mati melalui voice note google assistant.

Pelajar yang tergabung dalam ekstrakurikuler komunitas robotika SMK Muhammadiyah 1 Gresik ini memiliki keresahan di sekolahnya karena tidak tega melihat penjaga sekolah yang harus naik turun tangga mematikan lampu di sekolah.

Sekolah yang terdiri dari SD, SMP dan SMK itu terletak dalam satu komplek sehingga membuat penjaga sekolah harus mengecek satu persatu ruang kelas saat jam pulang sekolah maupun saat malam hari dan pada pagi hari kembali lagi untuk mematikan lampu.

Para siswa yang tergabung dari berbagai jurusan itu kemudian berinisiatif menciptakan sistem yang mampu meringankan tugas penjaga sekolah agar bisa mengendalikan lampu sekolah dari jarak jauh.

Sebanyak 35 siswa maupun siswi tersebut langsung berinisiatif mencari jalan keluar, mereka memburu beberapa barang elektronik seperti lampu untuk dibuat prototype dalam pengerjaan.

Pada awal bulan Maret 2019, hanya berbekal Rp 200 ribu mereka berusaha mendapatkan komponen baik secara online maupun membeli langsung di toko elektronik.

Pada awal April 2019, sistem tersebut berhasil diaplikasikan.

"Smarthome berbasis Ok Google, menyalakan dan mematikan lampu otomatis dengan google assistant, buatnya di sekolah saja," ujar salah satu siswi Kelas XI Teknik Elektronika Industri, Ajeng Syinta Handayani (17).

Semua jenis smartphone bisa digunakan untuk mencoba smarthome berbasis Ok Google.

Halaman
12
Penulis: Willy Abraham
Editor: Fatkhul Alami
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved