Kemenag Bangkalan Usulkan 100 CJH Lanjut Usia

Kemenag Kabupaten Bangkalan mengusulkan setidaknya 100 calon jamaah haji lansia untuk mengisi sisa porsi reguler yang tak melunasi biaya

Kemenag Bangkalan Usulkan 100 CJH Lanjut Usia
SURYAOnline/Didik Mashudi
ilustrasi 

SURYA.co id | BANGKALAN - Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Bangkalan saat ini mengusulkan sedikitnya 100 Calon Jemaah Haji (CJH) lanjut usia (lansia) untuk mengisi sisa porsi reguler yang tidak melunasi biaya perjalanan haji.

"Usulan tidak serta merta diterima Kanwil (Kemenag) Jatim. Tahun lalu kami usulkan 165 lansia tapi terkover 86 orang," ungkap Kasi Pelayanan Haji dan Umroh Kementrian Agama Kabupaten Bangkalan Wafir, Jumat (12/4/2019).

Ia menjelaskan, pemberangkatan CJH lansia ditentukan berdasarkan urutan porsi. Bukan berdasarkan urutan usia.

"Misal berusia 100 tahun tidak bisa berangkat duluan karena usia 75 mendaftar lebih dulu," jelasnya.

Tahun lalu, total jumlah CJH se Jatim yang tidak melunasi biaya perjalan haji sebanyak 3.500 orang. Namun porsi lansia dan cadangan yang diajukan lebih dari 6.000 orang.

Tahun ini, porsi haji untuk Kabupaten Bangkalan sejumlah 645 orang. Namun hingga menjelang batas pelunasan tahap pertama, menyisakan sebanyak 63 CJH yang belum melunasi.

Wafir memaparkan, pelunasan tahap pertama yang dikhususkan untuk porsi reguler dimulai sejak 19 Maret 2019 hingga 15 April 2019.

Namun hingga Kamis (11/4/2019), tercatat sebangak 63 CJH yang belum melunasi karena beragam kendala.

"Sebanyak 20 orang meninggal dan 43 orang menunda karena menunggu mahrom, menunggu suami atau istri, hingga terkendala hajatan," paparnya.

Ia menambahkan, pelunasan tahap II yang dikhususkan bagi lansia, cadangan, dan gabungan akan dibuka mulai 10 April - 10 Mei 2019.

"Kabupaten Bangkalan masuk di gelombang pertama. Namun hingga saat ini kami belum menerima jadwal keberangkatannya," pungkas Wafir kepada Surya. 

Penulis: Ahmad Faisol
Editor: Eben Haezer Panca
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved