Pemilu 2019

KPU Siapkan 161 TPS Khusus di Lembaga Pemasyarakatan Seluruh Jatim

TPS khusus ini disediakan bagi para penghuni LP yang masuk dalam daftar pemilih tambahan (DPTb).

KPU Siapkan 161 TPS Khusus di Lembaga Pemasyarakatan Seluruh Jatim
surya.co.id/samsul hadi
Komisioner KPU Provinsi Jatim Divisi Data dan Informasi, Nurul Amalia, saat mengecek kesiapan logistik Pemilu di KPU Kabupaten Blitar, Kamis (11/4/2019). 

SURYA.co.id | BLITAR - Sebanyak 161 tempat pemungutan suara (TPS) khusus akan didirikan di sejumlah Lembaga Pemasyarakatan (LP) di Jatim pada Pemilu 2019.

TPS khusus ini disediakan bagi para penghuni LP yang masuk dalam daftar pemilih tambahan (DPTb).

Hal itu disampaikan Komisioner KPU Provinsi Jatim Divisi Data dan Informasi, Nurul Amalia, saat mengecek kesiapan logistik Pemilu 2019 di gudang logistik KPU Kabupaten Blitar, Kamis (11/4/2019).

Nurul menyebutkan 161 TPS khusus itu digunakan melayani pemungutan suara untuk sekitar 112.000 lebih pemilih di LP yang masuk DPTb.

"Jumlah DPTb keseluruhan sekitar 112.000 lebih, mayoritas penghuni LP. Mereka kami layani di TPS khusus dan sebagian di TPS reguler," kata Nurul.

Nurul menjelaskan, penghuni LP yang jumlah pemilihnya kurang dari 200 orang, proses pemungutan suaranya akan dilayani di TPS reguler yang terdekat dengan lokasi.

"Kalau jumlah TPS reguler di Jatim, lanjutnya, sebanyak 130.010 TPS," ujarnya.

Terpisah, Komisioner KPU Kota Blitar Divisi Perencanaan Anggaran dan Program Data, Choirul Umam, mengatakan hanya ada satu TPS khusus yang didirikan di LP Klas II Blitar pada Pemilu 2019.
Padahal, sebelumnya, KPU berencana mendirikan dua TPS khsusus di LP Kalas II Blitar.

"Kami batal mendirikan dua TPS khusus di LP dewasa. Sesuai SE KPU RI Nomor 580 tentang Optimalisasi TPS DPTb, kami melebur dua TPS khusus di LP menjadi satu TPS khusus saja," kata Umam.

Awalnya, KPU Kota Blitar akan mendirikan dua TPS khusus di LP.

Halaman
12
Penulis: Samsul Hadi
Editor: Titis Jati Permata
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved