Berita Probolinggo

Presiden Jokowi Minta Tol Pasuruan-Probolinggo Dibuka Hari Ini dan Digratiskan Dua Minggu

Presiden Joko Widodo meminta agar jalan sepanjang 31,3 kilometer itu segera dibuka dan dioperasionalkan.

Presiden Jokowi Minta Tol Pasuruan-Probolinggo Dibuka Hari Ini dan Digratiskan Dua Minggu
surya.co.id/fatimatuz zahroh
Presiden Joko Widodo saat meresmikan jalan tol Pasuruan - Probolinggo seksi I, II, III, di gerbang pintu tol Probolinggo Timur, Rabu (10/4/2019). 

SURYA.co.id | PROBOLINGGO - Usai meresmikan jalan tol Pasuruan - Probolinggo (Paspro) seksi I, II, III pagi ini, Rabu (10/4/2019), Presiden Joko Widodo meminta agar jalan sepanjang 31,3 kilometer itu segera dibuka dan dioperasionalkan.

Tidak hanya itu, untuk bisa mendorong agar masyarakat menjajal nyamannya melintas di jalan tol Pasuruan-Probolinggo ini, tol ini akan dibebaskan biayanya alias gratis untuk sementara waktu.

"Usai kita resmikan, ini langsung hari ini bisa digunakan. Untuk mendorong, kita akan gratiskan seminggu atau dua minggu," kata Presiden Jokowi.

Presiden Jokowi mengatakan, di sepanjang ruas jalan tol Pasuruan - Probolinggo ini ada sebanyak empat titik rest area tipe B, yaitu masing-masing dua di jalur kiri dan kanan.

Jokowi ingin agar titik rest area ini juga dipenuhi dengan UKM minimal 70 persen. Sehingga bisa menumbuhkan ekonomi di kawasan tersebut.

Lebih lanjut, operasional jalan tol ini akan menarik biaya bagi yang melintas.

Meski kerap disebut mahal, namun Jokowi mengatakan hal itu tak perlu dijadikan masalah.

"Yang penting masyarakat ada pilihan-pilihan. Kalau mau yang biasa normal ya lewat jalan normal di jalan nasional dan jalan provinsi yang ada," katanya.

Saat meresmikan jalan tol pagi tadi, Presiden Joko Widodo didampingi jajarannya, yaitu Menteri PUPR Basuki Hadimuljono, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, Menteri BUMN Rini Soemarno, serta hadir pula Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa.

Tol Paspro 31,30 Kilometer (Km) pembangunannya ada tiga sesi, yakni sesi satu, dua dan tiga.

Untuk sesi satu, melewati Grati - Nguling sepanjang 8 km.

Sesi dua, perbatasan Nguling, Pasuruan - Sumberasih, Probolinggo sepanjang 6 Km, dan Sumberasih - Leces sepanjang 17,30 km.

Tol ini dibangun di atas lahan sekitar 271 hektar dan atau sekitar 3000 bidang.

Ada tiga simpang susun di tol Paspro ini. Yakni simpang susun Tongas, simpang susun Probolinggo Barat, Simpang Susun Leces.

Penulis: Fatimatuz Zahro
Editor: Titis Jati Permata
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved