Bocah 4 Tahun yang Berat Badannya Cuma 5,5 Kg Dapat Perhatian Dari Dinkes Kabupaten Mojokerto

Ahmad Fajar, bocah 4 tahun dari dusun Jatikumpul, Desa Mojokumpul, Kecamatan Kemlagi, Kabupaten Mojokerto, hanya memiliki berat badan 5,5 kg.

surabaya.tribunnews.com/danendra kusumawardana
Asmiatun tengah menimbang berat badan Fajar di ruang tamu rumah, Selasa (9/4) 

SURYA.co.id | MOJOKERTO - Ahmad Fajar, bocah 4 tahun dari dusun Jatikumpul, Desa Mojokumpul, Kecamatan Kemlagi, Kabupaten Mojokerto, hanya memiliki berat badan 5,5 kg. 

Tentu, bobot itu bukan bobot ideal untuk balita seusianya. 

Karena itu, Dinas Kesehatan Kabupaten Mojokerto berinisiatif mengecek kondisi bocah tersebut. 

Kepala Bidang Kesehatan Masyarakat Dinas Kesehatan Kabupaten Mojokerto, Susy Dwi Harini mengatakan, dari hasil pengecekan, disimpulkan bahwa Fajar mengalami gizi buruk.

"Anak usia 4 tahun normalnya, memiliki berat badan di atas 10 kg. Sedangkan Fajar hanya 5,5 kg," katanya, Rabu (10/4).

Dia melanjutkan, selain menderita gizi buruk, Fajar diduga menderita penyakit penyerta lain atau memiliki kelainan. Sehingga, langkah awal yang dilakukan yakni menanggulangi penyakit penyertanya.

"Kalau penyakit penyerta sudah ditanggulangi, gizinya bisa diperbaiki dengan cepat. penanggulangan gizi dilakukan sesuai standar operasional atau prosedur Dinas Kesehatan," katanya, Rabu (10/4).

Tim Dinas Kesehatan Kabupaten Mojokerto yang dipimpin Kepala Bidang
Kesehatan Masyarakat, Susy Dwi Harini dan Kepala Bidang Pencegahan dan Penyakit (P2P) Dinas Kesehatan Kabupaten Mojokerto dr Langit Kresna Janitra mengecek kondisi Ahmad Fajar (4), Rabu (10/4).
Tim Dinas Kesehatan Kabupaten Mojokerto yang dipimpin Kepala Bidang Kesehatan Masyarakat, Susy Dwi Harini dan Kepala Bidang Pencegahan dan Penyakit (P2P) Dinas Kesehatan Kabupaten Mojokerto dr Langit Kresna Janitra mengecek kondisi Ahmad Fajar (4), Rabu (10/4). (surabaya.tribunnews.com/danendra kusumawardana)

Disebut Belum Pernah Jenguk Balita 4 Tahun hanya Berbobot 5,5 Kg, begini Alasan Dinkes Kab Mojokerto

Usia 4 Tahun, Berat Badan Bocah di Mojokerto hanya 5,5 Kg, Ibunya Meninggal sejak Fajar 17 Bulan

Bertemu Pimpinan BPJS, Warga Pamekasan Curhat Masih Dimintai Uang Oleh Bidan Saat Persalinan

Susy menyebutkan, untuk kelainan, pihaknya tidak tahu jelas. Sebab, wewenang menegakkan diagnosa penyakit adalah pihak dokter ahli rumah sakit. Kelainan yang diderita Fajar yakni tangan dan kakinya kaku dan tak bisa mengunyah.

"Yang berwenang mendiagnosa penyakit penyerta adalah pihak dokter ahli dari rumah sakit. Fajar dibawa ke Rumah Sakit RA Basuni, Gedeg, Kabupaten Mojokerto untuk menjalani perawatan," sebutnya.

Dia mengungkapkan, Dinas Kesehatan Kabupaten Mojokerto melalui UPT Puskesmas Kemlagi sebelumnya telah melakukan pendampingan. Pihaknya telah memberikan susu dan pemberian makanan tambahan (PMT) berupa biskuit secara berkala untuk memperbaiki gizi Fajar.

Halaman
12
Penulis: Danendra Kusumawardana
Editor: Eben Haezer Panca
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved