Berita Surabaya

Libur dan Cuti Bersama Lebaran 2019 Mencapai Seminggu, begini Rinciannya 

Libur dan Cuti Bersama Lebaran 2019 mencapai seminggu, begini rinciannya. 

surabaya.tribunnews.com/fatkhul alamy
Suasana di Terminal Purabaya, Bungurasih, Sidoarjo, sehari menjelang lebaran 2018. Libur dan cuti bersama Lebaran tahun 2019 mencapai seminggu. 

SURYA.co.id | SURABAYA - Libur resmi hari raya Idul Fitri atau Lebaran untuk aparatur sipil negara (ASN) atau PNS pada Juni 2019 besok bisa mencapai seminggu utuh.

Lebaran yang diperkirakan jatuh pada 5 dan 6 Juni 2019 akan diawali dan diakhiri dengan cuti bersama.

Cuti bersama diawali sebelum hari H Lebaran sebanyak dua hari. Yakni cuti bersama Senin (3/6/2019) dan Selasa (4/6/2019).

Sedangkan pasca-Lebaran masih ditambah cuti bersama pada Jumat (7/6/2019). Sedang Sabtu dan Minggu libur normal. 

Sebagiamana kesepakatan bersama tiga menteri (Menteri Agama, Menteri Ketenagakerjaan, Menteri Pendayagunaan Aparatur Megara dan Reformasi Birokrasi) bahwa seluruh jajaran kantor Pemerintah memberlakukan cuti bersama Lebaran selama tiga hari. 

Dua hari menjelang hari H Lebaran dan satu hari pascalebaran. Ditambah libur reguler Sabtu, PNS nantinya bisa menikmati libur panjang. 

 "Itulah libur resmi ASN selama Lebaran nanti. Tentu Pemkot Surabaya juga akan mengikuti ketentuan yang sudah disepakati pusat," ungkap Kepala BKD Kota Surabaya Mia Santi Dewi, Selasa (9/4/2019).

Namun, libur Lebaran bagi PNS itu tidak berlaku bagi kantor layanan seperti rumah sakit, PMK, dan kantor layanan lainnya. Kantor ini tetap harus melayani masyarakat. 

 Sekertaris Kota (Sekkota) Surabaya Hendro Gunawan menuturkan bahwa semua ASN harus masuk sesuai jadwal. Jika memang berlaku cuti bersama, semua bisa menikmati libur cuti bersama itu.

Namun jika ada kantor yang Sabtu (8/6/2019) masuk, semua wajib masuk. 

"Kami juga biasa memberlakukan piket saat libur Lebaran. SKPD yang akan mengatur. Namun untuk kantor kita yang melayani 24 jam seperti rumah sakit tetap tidak libur selama Lebaran," kata Hendro. 

Namun, mengenai aturan libur Lebaran ini, Hendro meminta para ASN mematuhi ketentuan jam masuk kerja. Semua aparatur pemerintah wajib masuk sesuai jadwal.  

Penulis: Nuraini Faiq
Editor: Parmin
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved