Rumah Politik Jatim

KPU Sumenep Sebut Distribusi Logistik Pemilu 2019 ke Kepulauan Gagal Dikirim Karena 2 Hal Ini

KPU Sumenep sebut pendistribusian logistik Pemilu 2019 ke kepulauan Sumenep gagal dikirim karena surat suara masih kurang dan kendala kapal

KPU Sumenep Sebut Distribusi Logistik Pemilu 2019 ke Kepulauan Gagal Dikirim Karena 2 Hal Ini
TribunMadura.com/Ali Hafidz Syahbana
Ketua KPU Sumenep, A Waris, sedang mengecek pendistribusian logistik Pemilu 2019 yang ke dua untuk Kecamatan/Kepulauan masih ada di gudang KPU Sumenep, Selasa (9/4/2019). 

SURYA.co.id | SUMENEP - Pendistribusian logistik Pemilu 2019  ke kepulauan Sumenep gagal dikirim, Selasa (9/4/2019). Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sumenep menyatakan pengiriman logistik pemilu tersebut terkendala kapal.

"Sesuai rencana, logistik Pemilu ke Kecamatan Arjasa dan Kangayan akan didistribusikan pada hari ini. Tapi terpaksa kami tunda jadi 11 April karena kendala kapal," kata Ketua KPU Sumenep, A Waris, pada TribunMadura.com (grup surya.co.id).

Waris menyebut kapal yang dijadwalkan berangkat hari ini tidak muat mengangkut semua logistik yang ada. Selain itu, logistik pemilu berupa surat suara ternyata masih kurang, sehingga pihaknya memutuskan untuk menunda pengriman tersebut.

Waris mengungkapkan pendistribusian logistik pemilu pada 11 April nanti, KPU akan menggunakan perahu khusus dengan cara sewa.

Ini lantaran memang tidak ada kapal reguler yang akan berangkat sebelum pelaksanaan Pemilu 2019 nanti.

"Nanti kami sewa perahu khusus untuk mengangkut logistik ke dua kecamatan di Kepulauan itu. Ini sudah tidak ada pilihan lagi," paparnya.

Sementara untuk kekurangan surat suara, Waris menyebut hingga saat ini memang belum dikirim.

Alasannya pun belum jelas kenapa kebutuhan surat suara di Sumenep ini terpenuhi.

"Hanya saja, informasi dari KPU pusat, kekurangan logistik itu akan dipenuhi dalam waktu dekat ini. Kami hanya bisa menunggu dari KPU pusat karena itu kewenangan KPU pusat. Tapi, semoga kekurangan logistik itu terpenuhi jauh sebelum hari H karena Sumenep memiliki sejumlah pulau," katanya.

Diketahui bahwa KPU Sumenep masih kekurangan surat suara sebanyak 78 ribu lembar lebih.

Masing-masing daerah pemilihan berkurang sekitar 2 ribu lembar surat suara untuk Pileg DPRD ditambah surat suara untuk kebutuhan DPR RI, DPD, dan DPRD Provinsi, total 78 ribu lembar.

Jumlah DPT Sumenep pada Pemilu 2019 sebanyak 872.764 orang.

Jumlah tersebut terdiri dari 410.522 laki-laki dan 462.242 perempuan.

"Mereka nantinya akan menyalurkan suaranya di 4.315 Tempat Pemungutan Suara (TPS)," jelasnya.

Laporan Wartawan TribunMadura.com, Ali Hafidz Syahbana

Penulis: Ali Hafidz Syahbana
Editor: irwan sy
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved