Berita Pamekasan

Petani Pamekasan Mengeluhkan Hasil Panen Raya Padi yang Berkurang 50 Persen, Ini Penyebabnya

Petani Pamekasan mengeluhkan hasil panen raya padi yang berkurang 50 persen karena hama tikus

Petani Pamekasan Mengeluhkan Hasil Panen Raya Padi yang Berkurang 50 Persen, Ini Penyebabnya
TribunMadura.com/Kuswanto Ferdian
Petani padi di Desa Betet, Kecamatan Kota, Kabupaten Pamekasan, saat memanen sawah mereka, Kamis (4/4/2019). Petani mengeluhkan hasil panen yang turun hingga 50 persen lantaran dirusak hama tikus 

SURYA.co.id | PAMEKASAN - Beberapa daerah di Kabupaten Pamekasan, memasuki masa panen padi raya. Seperti di Desa Betet dan di Desa Kolpajung, sejumlah petani mulai memanen padinya.

Namun, petani setempat mengaku kurang puas dengan hasil panen musim ini. Sebab banyak kerusakan pada hasil panen padi sehingga hasilnya berkurang drastis, bahkan hingga separonya.

Pantauan Tribunmadura.com (grup surya.co.id), sejumlah lahan pertanian di desa tersebut banyak diserang hama tikus yang menyebabkan tanaman padi menjadi rusak. Hal lain juga disebabkan akibat faktor cuaca hujan deras dan hama serangga.

"Rata-rata panen padi di sini semua sama. Tanaman padi rusak karena diserang tikus dan hama jenis 'lembing hitam'," kata Haryono saat ditemui sedang memanen padi di Desa Betet, Kecamatan Kota, Kabupaten Pamekasan, Kamis (4/4/2019).

Haryono menambahkan, jika hama tikus menyerang, hasil panen padi bisa berkurang 30-50 persen dari jumlah semestinya.

"Persawahan di sini sebagian sudah panen dan sebagian lagi sedang proses. Ya, walau panen kurang bagus tapi disyukuri saja lah," ujarnya pasrah.

Hal senada disampaikan oleh Sapraji petani padi asal Desa Kolpajung, Kabupaten Pamekasan, ia menyatakan hasil panen padi miliknya juga mengalami penurunan hasil dari tahun sebelumnya.

"Sekarang mengalami penurunan hasil. Banyak padi yang tidak ada isinya. Kalau diperkirakan hasil panen saat ini 50 persen banyak rusak," pungkasnya.

Belum ada keterangan lanjutan dari Dinas Pertanian Pamekasan terkait keluhan petani yang hasil panennya berkurang karena hama tikus, saat berita ini ditayangkan

Laporan Wartawan TribunMadura.com, Kuswanto Ferdian

Penulis: Kuswanto Ferdian
Editor: irwan sy
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved