Berita Surabaya

Gubernur Khofifah Bakal Buat Pergub Tanggap Bencana, Ini Tujuannya

Gubernur Khofifah Indar Parawansa bakal membuat Pergub Tanggap Bencana untuk bisa memberikan santunan konsesi pada korban bencana di Jatim.

Gubernur Khofifah Bakal Buat Pergub Tanggap Bencana, Ini Tujuannya
surya/fatimatuz zahro
Gubernur Khofifah Indar Parawansa yang diwawancarai usai rapat terbatas (ratas) bersama sejumlah OPD terkait di Gedung Grahadi, Kamis (4/4/2019) siang. 

SURYA.co.id | SURABAYA - Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa bakal membuat Peraturan Gubernur (Pergub) baru untuk tanggap bencana. Gubernur Khofifah menyebut materi penting yang bakal dimasukkan dalam Pergub Tanggap Bencana tersebut adalah landasan hukum untuk bisa memberikan santunan konsesi pada korban bencana di Jatim.

Gubernur Khofifah menyebut hingga saat ini aturan untuk bisa memberikan konsesi pada korban bencana di Jawa Timur masih belum ada, sehingga dibutuhkan adanya payung hukum untuk bisa melakukan hal tersebut. Perencanaan mengeluarkan Pergub Tanggap Bencana ini disampaikan Gubernur Khofifah usai rapat terbatas (ratas) bersama sejumlah OPD terkait di Gedung Grahadi, Kamis (4/4/2019) siang.

"Banyak titik kerawanan bencana alam yang berpotensi menimpa kabupaten kota di Jawa Timur. Nah ternyata butuh regulasi baru setingkat Pergub untuk bisa jadi referensi misalnya untuk tanggap darurat agar Pemprov bisa melakukan identifikasi dengan memberikan santunan dan konsesi. Itu belum ada," kata Gubernur Khofifah.

Sebagaimana diketahui, dua hari lalu terjadi gempa di Kabupaten Sumenep.

Ada 16 bangunan rusak di Pulau Raas, terdiri 10 bangunan rusak ringan, dua bangunan rusak berat, dan fasum berupa satu mushalah, satu sekolah SMA, dan dua madrasah.

Jika Pemprov Jatim ingin memberikan konsesi bangunan yang rusak, maka berapa nilainya, dan dalam bentuk apa konsesinya, harus ada yang dijadikan acuan.

"Ini yang saya maksude aturannya masih belum ada," ujarnya.

Penulis: Fatimatuz Zahro
Editor: irwan sy
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved