PPLH Mangkubumi Sudah Curigai Sosok Pelaku Pembalakan Sono Keling di Tulungagung

Pelaku pembalakan ilegal pohon sono keling yang ada di jalan provinsi di Tulungagung sudah terendus. Sosoknya diduga punya akses ke pengamanan.

PPLH Mangkubumi Sudah Curigai Sosok Pelaku Pembalakan Sono Keling di Tulungagung
SURYAOnline/david yohanes
Petugas dari Dinas Kehutanan Provinsi Jawa Timur tengah mengukur diameter tunggak pohon sono keling yang ditebang. Hingga kini pelaku penebangan sejumlah pohon berharga mahal ini belum diketahui. 

SURYA.co.id | TULUNGAGUN G - Pusat Pendidikan Lingkungan Hidup (PPLH) Mangkubumi terus melacak bekas tunggak pohon sono keling yang dibalak di Tulungagung. Sebelumnya dari penelusuran PPLH Mangkubumi, ada 9 tunggaK sono keling yang sudah ditemukan.

Jumlah ini belum final, sebab area tanaman ini membentang sepanjang sekitar 30 kilometer, dari kecamatan Gondang hingga Rejotangan. Personil PPLH Mangkubumi belum bisa memastikan setiap titik yang dulunya tempat pohon ini tumbuh.

Direktur Eksekutif Pusat Pendidikan Lingkungan Hidup (PPLH) Mangkubumi, Muchammad Ichwan Musofa menegaskan, akan melaporkan kasus ini ke Dirjen Penegakan Hukum Kementrian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK) serta kepolisian.

"Ada indikasi kuat telah terjadi pembalakan secara ilegal," ujar Ichwan, Rabu (3/4/2019).

Bahkan Ichwan sudah punya gambaran pelaku. Pembalakan ini dilakukan oleh pihak yang menguasai jalan di Kediri, Tulungagung, Blitar dan Trenggalek.

Sebelumnya pelaku juga mengajukan permohonan pengamanan di kepolisian.

“Pelaku memanfaatkan perannya sebagai petugas pemangkasan pohon di jalan provinsi maupun jalan nasional,” ujar Ichwan.

Lanjutnya, dari surat pengajuan permohonan pengamanan di kepolisian sebenarnya pelaku bisa dilacak. Bahkan inisial pelaku sudah bisa diketahui dari dokumen itu.

Sono keling merupakan kayu yang masuk apendik 2. Kayu ini termasuk kelas premium yang diminati pasar ekspor. Satu pohon sono keling bisa dihargai hingga Rp 30 juta. 

Selidiki Pohon Sono Keling yang Raib di Tulungagung, Kepala Dinas Kehutanan Jatim Turun Tangan

BBKSDA Turunkan Tim Untuk Memeriksa Penebangan Pohon Sono Keling di Jalan Provinsi

Penulis: David Yohanes
Editor: Eben Haezer Panca
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved