Berita Pamekasan

Harga Ikan Laut Segar di Pamekasan Naik Drastis, Ini Penyebabnya

Harga ikan laut segar di sejumlah pasar tradisional di wilayah Kabupaten Pamwkasan mengalami kenaikan harga karena cuaca ekstrim

Harga Ikan Laut Segar di Pamekasan Naik Drastis, Ini Penyebabnya
TribunMadura.com/Kuswanto Ferdian
ikan yang akan dikirim ke pasar Tradisional di wilayah Kabupaten Pamekasan saat akan diangkat ke bak mobil pikap di tempat TPI Pesisir Branta Pamekasan, Rabu (3/4/2019). 

SURYA.co.id | PAMEKASAN - Harga ikan laut segar di sejumlah pasar tradisional di wilayah Kabupaten Pamwkasan mengalami kenaikan harga. Kenaikan ini terjadi akibat cuaca ekstrim di laut utara Madura yang membuat nelayan setempat enggan melaut.

"Selain harganya mahal, pasokan dari nelayan, baik dari tempat pelelangan ikan (TPI) Pesisir Branta maupun dari daerah penghasil ikan, seperti Pasean, Sumenep, Mandangin, juga berkurang," kata Sumarni (43) salah seorang pedagang ikan segar di Pasar Tradisional Kolpajung Pamekasan, Rabu (3/4/2019).

Menurut Sumarni, kenaikan harga ikan laut segar tersebut mulai terjadi sejak musim hujan dan kemungkinan akan terus berlanjut hingga bulan depan menjelang Ramadan. Cuaca ekstrem yang terjadi beberapa bulan terakhir, kata Sumarni, menjadi pemicu enggannya nelayan melaut.

Ikan dan hasil laut lainnya, seperti cumi-cumi dan udang, di pasar-pasar tradisional di Kabupaten Pamekasan harganya mengalami kenaikan cukup signifikan.

Misalnya, harga ikan tengiri yang sebelumnya seharga Rp 70 ribu - Rp 75 ribu per kilogram kini kata Sumarni naik menjadi Rp 90-95 ribu (dalam bentuk potongan bersih).

Sedangkan ikan tengiri utuh kecil dibanderol Rp 80 ribu per kilogram.

Sementara harga cumi-cumi naik menjadi Rp 65 ribu per kilogram dari harga sebelumnya Rp 50 ribu per kilogram, dan udang laut seharga Rp 60 ribu menjadi Rp 65 - Rp 70 ribu per kilogram.

Sementara itu, harga ikan jenis tongkol menjadi Rp 30 ribu per kilogram dari harga sebelumnya Rp 25 ribu per kilogram, ikan tuna yang sebelumnya dijual Rp 35 ribu per kilogram menjadi Rp 40 ribu per kilogram dan kakap merah, dari harga Rp 50 ribu per kilogram menjadi Rp 65 ribu per kilogram.

"Selain harganya melambung, pasokan ikan segar juga menurun hampir 65 persen," ujar Sumarni.

Kenaikan itu menurut Sumarni diperkirakan masih akan berlanjut sampai menjelang bulan puasa.

Halaman
12
Penulis: Kuswanto Ferdian
Editor: irwan sy
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved